Soal UTS / PTS PJOK Kelas 4 Semester 1 Dan 2

Download Soal UTS / PTS PJOK Kelas 4 –  PJOK adalah singkatan dari Pendidikan, Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Mata pelajaran PJOK ini umumnya diberikan di beberapa sekolah yang lebih fokus pada kegiatan olahraga dan pengenalan kesehatan.

Pada tahun lalu, Ditjen GTK (Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan) dan Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) telah menyelenggarakan webinar. Adapun tema yang diambil pada webinar tersebut adalah “Strategi PJJ Daring untuk Mapel Penjas”. Sedangkan narasumbernya bernama Adrian Iriana Perkasa dari P4TK Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling serta seorang pendidik atau guru.

Adrian mengungkapkan bahwa wabah pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang buruk di hampir semua sektor kehidupan manusia, salah satunya dalam sektor pendidikan. Untuk menghadapi kondisi seperti ini, semua orang diharuskan mampu untuk melakukan perubahan yang dimana bisa mengubah kebiasaan yang lama dengan kebiasaan baru.

Perubahan ini ternyata juga termasuk dalam pembelajaran PJOK (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan).  Adrian pun menambahkan, bahwa dalam kondisi seperti ini pada intinya harus mampu melakukan adaptasi dengan kondisi yang ada.

Untuk melakukan adaptasi ini maka dibutuhkan strategi secara tepat supaya kegiatan pembelajaran bisa lancar. Ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dalam melaksanakan strategi. Untuk lebih jelasnya simak 4 strategi untuk memperlancar pembelajaran PJOK saat Pandemi berikut ini.

Baca juga: Prota Dan Promes Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017

4 Strategi Memperlancar Pembelajaran PJOK saat Pandemi

  1. Keterlibatan Orang Tua

Ketika proses pembelajaran dilakukan di rumah, maka orang tua dalam hal ini memiliki peran sebagai pendamping sekaligus contoh bagi anak. Orang tua memiliki peran yang sangat besar sekali, karena guru tidak bisa melakukan pengawasan secara maksimal. Sehingga peran orang tua sangat besar dan benar-benar dibutuhkan dalam proses pembelajaran.

  1. Pemanfaatan Teknologi

Untuk melaksanakan proses pembelajaran secara daring, tentunya semua orang tidak akan terlepas dari penggunaan teknologi dan jaringan internet. Maka dari itu, proses pembelajaran yang dilakukan dari jarak jauh atau belajar dari rumah bisa menggunakan berbagai media komunikasi yang bisa digunakan sebagai alat penyampaian pembelajaran.

  1. Penerapan Hidup Sehat

Mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan ini sangat berhubungan dengan penerapan pola hidup yang sehat. Sebab, pada pokok materi dasar sudah tercantum mengenai kehidupan pola hidup yang sehat. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat sekali terutama di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Semua orang diharuskan untuk sehat, sehingga nantinya bisa terhindar dari Covid-19.

  1. Aspek Afektif

Strategi terakhir yang tak kalah pentingnya adalah aspek afektif. Aspek ini sangat penting sehingga dijadikan sebagai acuan paling utama dalam mata pelajaran PJOK.

Baca juga: Soal Agama Islam Kelas 4 Kurikulum 2013

Nah, langsung saja masuk ke pembahasan inti, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Soal UTS PTS PJOK SD atau MI Kurikulum 2013 yang bisa digunakan untuk kelas 4 Semester 1 dan 2. Berikut di bawah ini informasi selengkapnya:

Soal UTS PJOK Kelas 4 SD

Dalam waktu dekat ini PTS (Penilaian Tengah Semester) akan segera dilaksanakan, tentunya Bapak dan Ibu guru sekarang ini sedang membutuhkan soal-soal PTS yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan ujian untuk siswa siswinya, terutama ketika ingin menyusun dan membuat soal tes ujian PTS (Penilaian Tengah Semester) untuk kelas 4 sekolah dasar semester ganjil dan genap.

Surat edaran yang belakangan ini dipublikasikan oleh Kemdikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) menyebutkan bahwa soal Penilaian Tengah Semester Kurikulum 2013 diharuskan untuk memenuhi ketentuan standar soal yang terbaru. Selain itu, juga harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran Higher Order Thinking Skills atau HOTS.

Maka dari itu, admin disini akan membagikan soal PTS dengan tujuan untuk membantu semua rekan-rekan guru. Baiklah untuk lebih jelasnya silahkan simak terlebih dahulu penjelasannya di bawah ini.

Soal PTS PJOK Kurikulum 2013 Kelas 4 SD/MI Semester Ganjil dan Semester Genap, Ujian Tengah Semester Tematik atau Penilaian Tengah Semester untuk kelas 4 SD, mulai dari prediksi soal, soal latihan PTS Kurikulum 2013 semuanya dibuat dengan menyesuaikan kisi-kisi soal Kurikulum 2013.

Tidak hanya soal PTS PJOK Kelas 4 SD untuk Semester 1 dan 2 saja, kami juga akan memberikan kunci jawaban untuk mengantisipasi jika nantinya terjadi kesalahan. Namun soal-soal PTS yang akan kami bagikan ini memang jauh dari sempurna jika Anda jadikan sebagai acuan utama. Hal ini karena indikator pencapaian kompetensi pada masing-masing sekolah sudah pasti tidak sama dan disesuaikan dengan sekolahnya sendiri.

Kami disini akan bagikan soal-soal PTS PJOK Kelas 4 SD Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 berupa file Microsoft Word sehingga jika kurang sesuai maka bisa diedit dengan mudah. Anda bisa mengedit data dan menyesuaikan kalimat-kalimat soal sesuai dengan keinginan. Disamping itu, hal ini juga harus disesuaikan dengan panduan penulisan berbagai soal SD/MI dengan HOTS.

Berikut ini kami akan tuliskan contoh soal pilihan ganda nomor 1 sampai dengan nomor 10 sebagai contoh saja, dan untuk selengkapnya bisa Anda download dengan mudah pada akhir postingan.

1. Latihan yang bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran jasmani sebaiknya dilakukan sebanyak…..

A. Satu kali dalam seminggu

B. Tiga kali dalam seminggu

C. Setiap hari

D. Empat kali dalam sebulan

2. Berikut ini adalah cara yang dilakukan pada gerakan pull up yaitu………

A. Mengayunkan badan ke arah depan dan belakang dengan menggunakan palang tunggal

B. Mengangkat badan ke atas kemudian diturunkan kembali menggunakan palang tunggal

C. Meliukkan badan tepat di atas peti lompat

D. Meluruskan badan di atas peti lompat

3. Lompat kangkang dan lompat jongkok adalah contoh senam lantai yang dilakukan dengan menggunakan ……

A. Tangan

B. Kaki

C. Alat

D. Tangan dan Kaki

4. Ketika melakukan lompat jongkok maka posisi kaki ketika melewati rintangan yaitu…..

A. Kaki dibuka

B. Kaki diluruskan

C. Kaki ditekuk ke atas

D. Kaki dikangkangkan

5. Silvi merangkak untuk bisa melewati gawang kecil. Gerakan merangkak tersebut dilakukan dengan cara……

A. Berjalan menggunakan kedua tangan dengan posisi kedua lutut telungkup

B. Berjalan menggunakan kedua tangan dengan posisi kaki yang terlentang

C. Bergerak menggunakan tangan dengan kaki dan badan yang tetap menempel pada lantai

D. Bergerak menggunakan kedua tangan dengan satu posisi kaki telungkup

6. Faktor utama yang penting untuk diperhatikan ketika melakukan senam lantai adalah …..

A. Faktor Kegembiraan

B. Faktor Keseimbangan

C. Faktor Keselamatan

D. Faktor Keserasian

7. Musik yang merupakan penggiring senam irama pada umumnya berirama….

A.Keras

B.Sendu

C.Mendayu-dayu

D.Gembira

8. Berikut ini yang bukan merupakan unsur gerakan senam irama yaitu…..

A.Kekuatan

B.Keindahan

C.Kelentukan

D.Keserasian

9. Ketika melakukan gerakan mengayun pada senam irama maka lutut harus….

A. Kaku

B. Lurus

C. Ngeper

D. Lemas

10. Gerakan senam yang dilakukan secara pelan sesuai dengan irama maka akan menghasilkan gerakan yang ………..

A. Monoton

B. Beragam

C. Menarik

D. Mendayu

Download Soal UTS PTS PJOK Kelas 4 Semester 1 dan 2

Soal UTS PTS PJOK Kelas 4 SD Kurikulum 2013 terdiri dari beberapa soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian.  Soal-soal tersebut juga bisa digunakan sebagai bahan persiapan peserta didik menghadapi UTS atau PTS, terutama kelas 4 SD yang sudah menggunakan Kurikulum 2013 bisa mengerjakan beberapa soal latihan diatas.

Dengan adanya soal yang kami bagikan ini maka para peserta didik nantinya diharapkan bisa mendapatkan nilai yang sesuai dengan harapan. Untuk mendapatkan soal secara lebih lengkap beserta kunci jawabannya maka Anda bisa langsung download dengan melalui tautan yang akan kami bagikan berikut ini.

Semester 1

  • Soal PTS/UTS PJOK Kelas 4 Semester 1 – Download
  • Kunci Jawaban PTS/UTS PJOK Kelas 4 Semester 1 – Download

Semester 2

  • Soal PTS/UTS PJOK Kelas 4 Semester 2 – Download
  • Kunci Jawaban PTS/UTS PJOK Kelas 4 Semester 2 – Download
  • Kisi-kisi PTS/UTS PJOK Kelas 4 Semester 2 – Download

Catatan: Jika ada ketidaksesuaian dengan contoh soal dan jawaban PTS atau UTS PJOK kelas 4 Semester Ganjil dan Genap yang kami bagikan diatas, silahkan Anda sesuaikan dengan kebijakan sekolahnya masing-masing.

Baca juga: Soal UTS Matematika SD Kelas 4 Kurikulum 2013

Demikian yang dapat admin sampaikan kali ini mengenai Download Soal dan Kunci Jawaban PTS atau UTS PJOK kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.

Ayo Cilacap - - - -