Soko Guru Demokrasi Indonesia

Posted on

Soko Guru – Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan soko guru demokrasi? Mungkin tidak sedikit yang belum paham istilah apa itu. Maka dari itu kita bahas terlebih dahulu dari pengertian soko guru.

Soko guru memiliki arti tiang penyangga utama. Sehingga secara singkat bisa diartikan sebagai pilar-pilar utama untuk membangun demokratis.

soko guru demokrasi adalah salah satu indikator untuk menilai sistem demokrasi di suatu wilayah. Di samping itu soko guru demokrasi bisa diartikan sebagai pilar utama untuk membangun tatanan demokratis. Sedangkan demokrasi sendiri adalah bentuk sistem pemerintahan dari rakyat, untuk rakyat dan oleh rakyat.



pilar demokrasi

Moh. Hatta, Wakil Presiden pertama RI menjelaskan ada lima pilar demokrasi yang harus dijalankan oleh sebuah pemerintahan. Pilar tersebut dijalankan supaya demokrasi bisa berjalan dengan semestinya. Lima pilar demokrasi tersebut antara lain:

  1. Lembaga yudikatif.
  2. Lembaga legislatif.
  3. Partai politik.
  4. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).
  5. Media massa.

Fungsi dan Peran Soko Guru Demokrasi

Kedaulatan rakyat menjadi tolok ukur demokrasi di sebuah negara. Rakyat yang berdaulat bisa memegang teguh hak-haknya. Baik hak untuk hidup, bekerja, berpendapat dan lain sebagainya.

Negara demokrasi bisa dilihat dari kebijakan pemerintah yang sesuai dengan kehendak dan keinginan rakyat. Kebijakan yang tidak sejalan dengan kehendak rakyat bisa diartikan bahwa negara tersebut menjalankan sistem monarki absolut. Untuk diketahui, sistem monarki absolut berbanding terbalik dengan paham demokrasi kerakyatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *