Cara Cetak SPTJM Dapodik Terbaru 2022

Posted on

Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) Data Pokok Pendidikan (Dapodik) biasanya diterbitkan oleh kepala sekolah dari suatu satuan pendidik sebagai bentuk pertanggung jawaban atas data – data yang dimasukkan atau diinputkan dalam aplikasi Data Pokok Pendidikan pada masing – masing satuan pendidikan.

SPTJM ini dibuat oleh kepala sekolah satuan pendidikan mulai dari satuan pendidikan tingkat dini hingga menengah (PAUD, TK, SD, SMP, SMA). Data dari hasil SPTJM merupakan data hasil yang didasarkan pada siknkronisaasi terkini dari suatu satuan pendidikan.



Pada surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak Data Pokok Pendidikan terdapat 5 lampirang yang dimuat di dalamnya, lampiran – lampiran tersebut antara lain adalah:

  1. Lampiran pertama yang berisikan keterangan tentang Data Satun Pendidikan
  2. Lampiran kedua yang berisikan keterangan tentang Sarana dan juga Prasarana
  3. Lampiran ke tiga yang berisikan keterangan dari Daftar Guru dan juga Tenaga Kpendidikan
  4. Lampiran keempat yang berisikan tentang Rombel atau Rombongan Belajar, serta
  5. Lampiran kelima yang berisikan keterangan mengenai Daftar Peserta Didik (siswa)

Jika sudah membaca tentang ulasan penjelasan tentang apa itu Surat Pernyataan Tanggung Jawab (STPJM) Dapodik, sekarang kita simak bagaimana cara untuk mencetak SPTJM data pokok pendidikan berikut ini.

Baca juga: DHGTK V2 Cara Login Di Website Resmi

Cara Cetak SPTJM Dapodik

SPTJM yang telah diterbitkan oleh Kepala Sekolah pada suatu satuan pendidikan dapat dicentak melalui aplikasi Dapodik. Berikut kami informasikan cara untuk mencetak Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak Dapodik dengan uraian langkah – langkah sebagai berikut:

(1) Langkah pertama

Pada langkah pertama silahkan kalian ketik alamat URL atau link website resmi Dapodik sekolah. Atau kalian bisa klik melalui link berikut ini : https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

(2) Langkah kedua

Apabila sudah masuk dalam link Dapodik maka kalian akan dibawa pada tampilan awal website Dapodik. Silahkan klik tombol “Login Menggunakan SSO” seperti pada gambar di bawah ini.

Baca juga: Cara Sinkron Dapodik Terbaru 2022

(3) Langkah ketiga

Jika sudah, kalian akan di bawa pada tampilan atau halaman selanjutnya untuk mengisi form data diri yang memuat username dan juga password. Apabila sudah diisi , lalu silahkan klik tombol ”Masuk” yang ada pada bagian kiri bawah pada tampulan laman tersebut.

(4) Langkah keempat

Langkah keempat, jika kalian  sudah Masuk pada website maka akan ada tampilan dashboard dari website tersebut.

(5) Langkah kelima

Langkah selnjutnya, pada halaman dashboard silahkan kalian kik menu “Dokumen”. Perhatikan gambar di bawah ini.

(6) Langkah keenam

Apabila sudah , maka akan muncul gambar file dengan tulisan “SPTJM” . Perhatikan gambar di bawah ini, kemudian klik tombol atau icon tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.