Struktur Organisasi Kelas

Posted on

Struktur Organisasi Kelas – Kelas merupakan organisasi terkecil yang terdapat di sebuah sekolah, miniatur sebuah negara yang dijalankan dalam ruang lingkup yang kecil.



Tentunya dalam sebuah organisasi harus memiliki struktur yang pasti supaya tugas-tugas yang menjadi ruang lingkup kelas tersebut bisa dengan jelas dibagi-bagi.

Struktur Organisasi Adalah

Pada umumnya, penerapan struktur organisasi kelas ini diterapkan pada jenjang pendidikan SMA / SMK. Hal ini dikarenakan pada masa-masa itulah siswa mulai terbuka untuk melakukan sesuatu hal baru yang didorong oleh kehendaknnya sendiri.

Akan selalu ada siswa yang mengajukan diri untuk menjadi ketua kelas / KM, sebab merasa dirinya pantas untuk itu.  Ini menjadi sebuah hal yang positif karena dapat meningkatkan jiwa kepemimpinan siswa yang terlibat, terutama yang menjadi staff dalam struktur organisasi kelas yang telah dibuat.

Baca juga : Cara Menghias Kelas Dengan Kreatif

Hal ini tentu sangat berbeda dengan anak SD dan SMP yang masih harus membebek pada aturan yang dibuat oleh guru dan sekolah.

Secara sederhana, struktur organisasi kelas yang seringkali diterapkan di sekolah-sekolah adalah sebagai berikut :



  1. Ketua Kelas / Ketua Murid (KM)
  2. Wakil Ketua Kelas / Wakil Ketua Murid (Wakil KM)
  3. Sekretaris
  4. Bendahara
  5. Pendidikan
  6. Piket Kebersihan
  7. Keamanan

Akan tetapi, banyak sekolah kreatif membuat beberapa divisi baru yang diharapkan dapat menunjang dan menjadi pundak tambahan untuk membagi-bagi tugas, terutama bagi sekolah yang dalam kegiatannya diadakan “lomba kelas terbaik” yang biasanya diumumkan setiap bulan.

Sehingga sudah tentu barang kelengkapan, kerapian, kebersihan, keaktifan pada setiap kelas harus selalu diperhatikan dan direncanakan. Maka dari itu, berikut ini adalah divisi / seksie tambahan yang di beberapa sekolah kreatif diadakan :

  1. Kerohanian
  2. Dekorasi, Logistik, Kreatif

Nah, setelah anda mengetahui divisi-divisi apa saja yang dapat dibentuk dalam membuat struktur organisasi kelas, entah itu SMP atau SMA pastinya kita juga harus mengetahui apa saja tugas dari masing-masing divisi tersebut. Berikut adalah tugas-tugas tiap divisi struktur organisasi kelas.

Struktur Organisasi Kelas dan Tugasnya

Cara membuat struktur organisasi kelas kreatif

Berikut dibawah ini adalah struktur organisasi kelas dan tugasnya yang dijelaskan secara terperinci beserta kriteria-kriteria yang perlu anda perhatikan sebelum menunjuk atau memilih sesorang untuk dapat mengemban amanah tersebut.



  1. Ketua Kelas / Ketua Murid (KM)

Struktur organisasi kelas kreatif ketua kelas

Ketua kelas adalah sesorang yang menjadi pemimpin dan memiliki kedudukan paling atas pada struktur organisasi kelas yang dibuat. Hal ini berarti, teratas untuk para murid. Secara umum, kedudukan yang berada di atas Ketua kelas adalah Wali Kelas, Kepala Sekolah, dan Komite Sekolah. Namun kita hanya akan berfokus di dalam kelas saja.

Tugas pokok dan fungsi (tupoksi) ketua kelas adalah sebagai berikut :

Leave a Reply

Your email address will not be published.