Struktur Kurikulum 2013 SD Dan MI

Posted on

Struktur Kurikulum 2013 SD Dan MI – Salam Pendidikan! Dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang struktur dari kurikulum 2013 SD dan MI. Sebelum memahami lebih dalam lagi tentang struktur kurikulum 2013 SD dan MI mari kita kenal lebih dekat apa itu kurikulum.



Penjelasan Kurikulum

Kurikulum merupakan seperangkat pengaturan atau perencanaan yang memuat tujuan dari pembelajaran, isi, dan juga kegiatan atau prosedur dari pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah di tentukan.

Pengembangan kurikulum 2013 merupakan pengembangan lanjutan dari kurikulum sebelumnya yaitu Kurikulum Berbasis Kompetensi tahun 2014 dan KTSP 2006.

Baca juga: SK Tim Pengembang Kurikulum SD

Peraturan Struktur Kurikulum 2013 SD/ MI

Permendikbud menetapkan peraturan tentang kerangka dasar dan struktur kurikulum sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah yang memuat:

(1) Kerangka Dasar Kurikulum Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah merupakan landasan filosofis, sosiaologis, psikopedagogis dan yuridis yang memiliki fungsi untuk acuan pengembangan Struktur Kurikulum pada tingkat nasional, pengembangan muatan kurikulum pada tingkat daerah,  serta pengembangan kurikulum pada tingkat Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah.

(2) Struktur dari Kurikulum Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah merupakan pengorganisasian dari kopetensi inti, mata pelajaran, beban belajar, kompetensi dasar, serta muatan belajar pada setiap Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah.



 

Struktur Kurikulum 2013 SD/ MI revisi 2018

Struktur Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah memuat:

  1. Kompetensi Inti

Kompetensi pada tingkat sekolah dasar dirancang dengan menyesuaikan perkembangan usia dari peserta didik pada kelas tertentu. Jadi dalam setiap tigkatan kelas akan memiliki Kompetensi Inti yang berbeda – beda.

Dengan adanya kompetensi ini, integritas vertical berbagai kompetensi dasar pada kelas yang berbeda akan tetap terjaga.

  • Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
  • Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
  • Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
  • Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.

Baca juga: Silabus Kurikulum 2013 SD Dan MI

  1. Mata Pelajaran

Mata pelajaran disusun berdasarkan Kompetensi Inti dengan alokasi waktu yang telah disesuaikan dengan satu pendidikan. Susunan mata pelajaran Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah terdiri dari mata pelajaran dan alokasi waktu setiap minggu. Dapat dilihat pada table di bawah ini:



Keterangan:

  • Kelompok mata pelajaran A merupakan muatan mata pelajaran yang dikembangkan oleh pendidikan pusat. Sedangkan pada kelompok mata pelajaran B merupakan muatan mata pelajaran yang dikembangkan oleh pusat dan lengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah.
  • Sebagai pembelajaran tematik terpadu, jumlah alokasi waktu setiap mata pelajaran merupakan jumlah minimal yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik.
  • Kegiatan Ekstrakurikuler sebagai pendukung pembentukan sikap kompetensi sikap social peserta didik adalah pada tingkat Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah adalah Pramuka (wajib), Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Palang Merah Remaja (PMR). Pengembangan ekstra kurikuler ini difokuskan terutama untuk membentuk pribadi peserta didik yang memiliki sikap peduli.
  • Simbol warna abu merupakan waktu untuk pembelajaran Tematik-Terpadu
  • Khusus untuk Madrasah Ibtidaiyah dapat mengembangkan mata pelajaran mata Pendidikan Agama Islam sesuai dengan kebutuhan yang ditetapkan kementerian Agama.

  1. Beban Belajar

Beban belajar merupakan rangkaian keseluruhan kegiatan yang harus diikuti oleh peserta didik dalam kurun waktu yang telah ditentukan yaitu, dalam satu minggu, satu semester, dan satu tahun.

Baca juga: Aplikasi KKM SD Kurikulum 2013

  1. Kompetensi Dasar

Kompentensi dasar ini disusun untuk memenuhi atau mencapai tujuan dari Kompetensi Inti yang telah kita bahas sebelumnya. Kompetensi dasar disusun dengan memperhatikan karakteristik dari peserta didik, kemampuan alami/ kemampuan awal, dan karakter dari suatu mata pelajaran.

Uraian dari Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk SD/ MI dapat didownload melalui link di bawah ini:

Bahasa Indonesia :
Ilmu Pengetahuan Alam :
Ilmu Pengetahuan Sosial :
Matematika :
Pendidikan Jasmani, Olah raga, dan Kesehatan :
Pendidikan Kwarganegaraan :
Seni Budaya dan Prakarya :
Pendidikan Agama Islam :

  1. Muatan Pembelajaran

Pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah dilaksanakan melalui pendekatan Tematik – Terpadu mulai dari kelas I sampai dengan kelas VI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *