Struktur Kurikulum 2013 SMA Dan MA

Posted on

Struktur Kurikulum 2013 SMA Dan MA – Artikel kali ini akan membahas tentang struktur Kurikulum 2013 SMA dan MA. Steruktur Kurikulum 2013 SMA dan MA di atur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 36 Tahun 2018.



 

Perubahan Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah oleh Permendikbud merupakan pengembangan dari Permendikbud No. 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah dengan ditambahkannya mata pelajaran informatika.

Baca juga: Struktur Kurikulum 2013 SD Dan MI

Tujuan Kurikulum 2013

Tujuan dari Kurikulum 2013 adalah untuk menciptakan sumber daya manusia Indonesia menjadi pribadi yang  beriman, produktif, kreatif, inovatif, afektif, dan juga mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan pada peradaban dunia.

Peraturan Struktur Kurikulum 2013 SMA dan MA

Permendikbud menetapkan peraturan tentang kerangka dasar dan struktur kurikulum Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Diniyah yang memuat:



Dalam memenuhi kebutuhan peserta didik dalam era digital seperti sekarang ini, maka perlu ditambahkan dan diintegrasikan muatan informatika pada kompetensi dasar dalam kerangka dasar dan kurikulum 2013 pada Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah.

Menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.

Baca juga: Struktur Kurikulum 2013 SMP Sesuai Permendikbud

Struktur Kurikulum 2013 SMA dan MA

Struktur Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah memuat:

  1. Kompetensi Inti

Kompetensi Inti pada tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Aliyah (SMA/ MA) merupakan kompetensi yang dirancang guna mencapai Standar Kompetensi Lulus atau SKL yang harus dicapai oleh peserta didik.

Kompetensi ini digunakan untuk menjaga sinkronisasi dari berbagai antar mata pelajaran pada kelas yang sama dan juga dengan antar mata pelajaran pada kelas yang berbeda.

Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut:



  • Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
  • Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
  • Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
  • Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
  1. Mata Pelajaran

Pada struktur kurikulum 2013 tingkat Sekolah Menengah Atas atau Madrasah Aliyah mata pelajaran diabagi menjadi 3 (tiga) kelompok yaitu mata pelajaran umum Kelompok A, mata pelajaran umum kelompok B, dan mata pelajaran kelompok C (mata pelajaran peminatan).

Keterangan:

  • Kelompok mata pelajaran A dan C merupakan kelompok mata pelajaran yang dikembangkan oleh pusat. Sedangkan kelompok mata pelajran B dikembangkan oleh pusat dan dilengkapi oleh muatan/ konten local.
  • Dalam 1 jam beban belajar tatap muka yang ditempuh adalah 45 menit. Beban belajar penugasan terstruktur dan tugas mandiri maksimal 60% dari jumlah waktu kegiatan tatap muka.
  • Setiap satuan pendidikan dapat menambah beban belajar per minggu yang disesuaikan dengan kebutuhan dari peserta didik dengan menyesuaikan aspek – aspek yang harus dicapai pada tiap semesternya.
  • Khusus untuk Madrasah Aliyah diperbolehkan mengembangkan Struktur Kurikulum sesuai dengan kebutuhan yang diatur oleh Kementrian Agama.

Mata pelajaran kelompok C merupakanprogram kurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik sesuai dengan minat bakat atau kemampuan akademik dalam kelompok mata pelajaran keilmuan.

  1. Mata Pelajaran Pilihan

Peserta didik tingkat Sekolah Menengah Atas atau Madrasah Aliyah memiliki kesempatan untuk memilih mata pelajaran lintas minat /pendalaman minat, atau mata pelajaran informatika.

  • Mata Pelajaran Peminatan dan Lintas Minat/ Pendalaman Minat

Di awal masuk ke jenjang SMA/ MA peserta didik melakukan pemilihan peminatan dengan rekomondasi oleh guru atau dengan jalur tes. Mata pelajaran lintas minat/ pendalaman minat merupakan mata pelajaran.

  • Mata Pelajaran informatika

Mata pelajaran informatika dirancang untuk mengembangkan kemampuan berfikir manusia dalam mengatasi permasalah – permasalahan yang semakin kompleks di era globalisasi ini. Alokasi dari mata pelajaran informatika itu sendiri adalah di kelas X sebanyak 3 jam pelajaran, di kelas XI dan XII sebanyak 4 jam pelajaran.

Baca juga: Struktur Kurikulum 2013 SMP Revisi 2018 Dan 2020

  1. Beban Belajar

Beban belajar merupakan rangkaian keseluruhan kegiatan yang harus diikuti oleh peserta didik dalam kurun waktu yang telah ditentukan yaitu, dalam satu minggu, satu semester, dan satu tahun.

  • Beban belajar per minggu

SMA/ MA kelas X : 42 jam pelajaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *