Struktur Kurikulum 2013 SMP dan MTS

Posted on

Struktur Kurikulum 2013 SMP Dan MTS – Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi seputar Struktur Kurikulum 2013 untuk SMP dan MTs.



Kurikulum Adalah

Kurikulum merupakan seperangkat bentuk perencanaan atau sebuah rancangan pengaturan yang berisikan isi, tujuan, materi atau bahan pelajaran, dan juga cara – cara yang digunakan.

Kurikulum digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran guna mencapai tujuan yang telah ditentutakan sebelumnya dalam suatu instansi pendidikan.

Baca juga: Prota Dan Promes Guru SMP Kurikulum 2013

Tujuan dari Kurikulum 2013

Tujuan dari kurikulum itu sendiri adalah agar lebih memperiapkan sumber daya manusia iIndonesia menjadi pribadi yang lebih beriman, kreatif, inovatif, afektif dan mampu berkontribusi di masyarakat, bangsa, negara, dan juga peradaban dunia.



Struktur Kurikulum 2013 SMP dan MTs Revisi 2018

Struktur Kurikulum 2013 SMP dan MTs terdiri dari kompetensi inti, mata pelajaran, beban belajar, muatan pembelajaran, dan kompetensi dasar.

  1. Kompetensi Inti

Kompetensi Inti dibuat untuk setiap kelas, yang mana fungsi dari kompetensi untuk SMP dan MTs ini sendiri adalah sebagai tingkatan SKL atau Standar Kompetensi Lulus yang harus dicapai oleh peserta didik pada tingkat SMP atau MTs.

Kompetensi ini digunakan untuk menjaga sinkronisasi dari berbagai antar mata pelajaran pada kelas yang sama dan juga dengan antar mata pelajaran pada kelas yang berbeda.

Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut:

  • Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
  • Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
  • Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
  • Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.

Baca juga: Struktur Kurikulum 2013 SMP Sesuai Permendikbud

  1. Mata Pelajaran

Dalam struktur mata pelajaran untuk SMP menggunakan dua kelompok mata pelajaran yaitu kelompok mata pelajaran umum A dan kelompok mata pelajaran umum B.

Namun, khusus untuk Mts mata pelajaran boleh ditambah sesuai dengan ketentuan masing masing instansi. Yang mana biasanya di MTs ditambah dengan mata pelajaran yang berkaitan dengan keagamaan yang lebih kompleks.



  1. Beban Belajar

Beban belajar merupakan rangkaian keseluruhan kegiatan yang harus diikuti oleh peserta didik dalam kurun waktu yang telah ditentukan yaitu, dalam satu minggu, satu semester, dan satu tahun.

Beban belajar ini juga biasa disebut dengan Sistem Kredit Semester (SKS), yang mana pada setiap tingkatan kelas dalam satu semester peserta didik harus menempuh jumlah dari SKS yang telah ditentukan guna menjadi syarat kelulusan dalam setiap semesternya.

Baca juga: Dokumen 1 Kurikulum 2013 SD, MI, SMP, SMA, SMK

  1. Muatan Pembelajaran

Pada tingkatan SMP dan MTs muatan pelajaran mengacu pada muatan pelajaran terpadu seperti Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan juga Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Pada mata pelajaran IPA memiliki beberapa muatan lagi yaitu (fisika, kimia, dan biologi) sedangkan pada IPS memiliki muatan (sejarah, ekonomi, geografi, dan sosiologi)

Pemilihan dua muatan mata pembelajaran tersebut karena kedua mata pelajaran tersebut berorientasi dalam perkembangan pola pikir, aplikatif, meningkatkan rasa ingin tahu, mengembangkan rasa peduli, dan meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan alam dan social.

5. Kompetensi Dasar

Kompentensi dasar ini disusun untuk memenuhi atau mencapai tujuan dari Kompetensi Inti yang telah kita bahas sebelumnya. Kompetensi Dasar yang harus di tempuh oleh peserta didik di taraf SMP dan MTs kurikulum 2013:

  • kelompok 1 : kelompok Kompetensi Dasar sikap spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1;
  • kelompok 2 : kelompok Kompetensi Dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2;
  • kelompok 3 : kelompok Kompetensi Dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3; dan
  • kelompok 4 : kelompok Kompetensi Dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.

Baca juga: RPP Kurikulum 2013 SD SMP SMA

Download Lengkap Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 35 Tahun 2018 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah – Download | Download G-Drive

Demikian penjelasan materi tentang struktur kurikulum 2013 bagi SMP dan MTs. Semoga pemaparan di atas bisa bermanfaat dan mempermudah teman – teman dalam memahami struktur kurikulum 2013 SMP dan MTs.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *