×

Sumber Sumber Pendapatan Daerah

Posted on

Sumber Sumber Pendapatan Daerah – Apabila melihat struktur pemerintahan di Indonesia, pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan istilah pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Memang secara struktur ada beberapa pembagian tersebut, hal ini memiliki tujuan supaya masing-masing pemerintahan mampu untuk menyelenggarakan pemerintahan yang lebih efisien.

Walaupun sekilas terlihat independensi, tetapi dalam beberapa hal nampak terdapatnya hubungan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, yakni diantara keduanya masih mempunyai korelasi dalam proses menentukan kebijakan, baik itu dalam perekonomian ataupun penetapan anggaran.

Sumber Sumber Pendapatan Daerah



Pemerintah daerah mempunyai wewenang secara penuh dalam menggerakkan perekonomian daerah dan juga mengisi pembangunan didalamnya, apalagi dengan terdapatnya otonomi daerah yang berlaku di Indonesia.

Otonomi daerah akan memberikan ruang untuk menempatkan pemerintah daerah agar menunjukkan peran aktif dalam membiayai dan mengatur pemerintahan sendiri, seperti dalam hal mengatur dan menggunakan sumber-sumber daya yang berpotensi untuk memberikan pemasukan kas pada pemerintah daerah.

Baca juga: Pengertian Otonomi Daerah

Dalam menjalankan dan membiayai pemerintah daerah pastinya akan membutuhkan suatu anggaran yang dapat menggerakkan fungsi tersebut. Disini lah peran penting terdapatnya sumber-sumber pendapatan daerah, dimana pemerintah daerah diharuskan mampu untuk melihat dan mengelola sumber-sumber daya ini supaya bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk dapat meningkatkan kesejahteraan sosial bagi masyarakat daerah.

Supaya proses pengelolaan dan pengaturan tersebut dapat berjalan lancar maka ada suatu peraturan pemerintah yang berlaku dan mempunyai kekuatan hukum, yang dimana dalam peraturan tersebut berisi berbagai hal mengenai pelaksanaan, peraturan khusus, dan  juga menjelaskan mengenai sumber-sumber pendapatan daerah yang bisa didapatkan secara sah.

Sumber Pendapatan Daerah Dalam Undang-Undang

Sumber Pendapatan Daerah

  1. Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Setiap daerah pada umumya memiliki berbagai potensi kekayaan yang berbeda-beda karena hal ini tergantung pada iklim, geografis, dan kekuatan ekonomi. Setiap dari potensi tersebut dapat memberikan pemasukan atau pendapatan untuk daerah yang biasa disebut sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Pendapatan Asli Daerah adalah penerimaan yang diperoleh dari sumber-sumber daya dan kekayaan miliki pemerintah daerah itu sendiri, yang dimana dalam proses pengambilan atau pemungutan ini sudah diatur dalam peraturan daerah yang disesuaikan dengan undang-undang yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *