Contoh Surat Keterangan Siswa Aktif

Surat Keterangan Siswa Aktif – Selamat datang kepada teman staff Tata Usaha dimanapun anda berada. Surat keluar dan surat masuk adalah pekerajaan yang biasa kita lakukan selaku staff tata usaha. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan contoh surat keluar yaitu Surat Keterangan Siswa Aktif.

Surat ini akan diperlukan jika siswa memohon kepada pihak sekolah bahwa siswa tersebut benar-benar adalah murid di sekolah kita. Lalu,  apa itu surat keterangan siswa aktif? Bagaiamana cara untuk mendapatkan surat keterangan siswa? Nah, untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Surat Keterangan Siswa Aktif adalah sebuah surat yang menerangkan bahwa siswa atau peserta yang dimaksud memang benar-benar siswa yang sekolah dalam arti masih terdaftar sampai sekarang ini. Surat keterangan siswa aktif merupakan surat yang dikeluarkan oleh bagian TU sekolah.

Nah, pada awal tahun ajaran ini akan banyak sekali orang tua siswa yang datang ke sekolah untuk minta TU agar dibuatkan surat keterangan siswa diterima di sekolah.

Pada saat saya bertanya digunakan untuk apa, jawabannya adalah sebagai syarat usulan bantuan siswa miskin atau yang berprestasi dari perusahaan tempat dia bekerja. Maka dari itu, jika tanpa konsep mungkin kita akan mengalami kesulitan dalam membuat isi surat yang dimaksud.

Baca juga : Cara Tarik Data Siswa Dapodik

Apabila anda ingin tahu bagaimana cara untuk membuat surat resmi atau dinas yang baik dan benar. Maka dibawah ini adalah ciri-ciri singkat surat yang baik dan benar harus mempunyai bagian-bagian surat berikut :

  1. Surat harus menggunakan bahasa yang baku
  2. Adanya Kop Surat
  3. Tanggal Surat alamat tujuan
  4. Mempunyai Nomor Pengarsipan
  5. Hal, yakni pemberitahuan mengenai isi surat
  6. Surat harus di tandatangani dan di bubuhi stempel instansi atau badan perusahaan
  7. Adanya tembusan surat (jika perlu)

Kegunaan Surat Keterangan Siswa

Surat keterangan siswa ini mempunyai beberapa kegunaan dan fungsi. Berikut dibawah ini adalah kegunaan surat keterangan siswa yang perlu anda ketahui, diantaranya :

  • Sebagai syarat untuk pengajuan beasiswa
  • Sebagai syarat untuk mengikuti lomba
  • Sebagai syarat untuk pengajuan tambahan tunjangan gaji
  • Sebagai syarat pelengkap mendaftar di asuransi

Cara Untuk Mendapatkan Surat Keterangan Siswa

Cara untuk mendapatkan surat ini terbilang sangat mudah, yakni dengan mengajukan permohonan kepada pihak sekolah, baik itu secara lisan ataupun lisan. Akan tetapi, dianjurkan dengan menggunakan bahasa tulisan dalam bentuk surat permohonan yang jelas dan ditulis secara langsung oleh pemohon (orang tua atau wali murid).

Untuk lebih memudahkan anda dalam membuat surat yang keterangan siswa bersekolah atau aktif, maka ada beberapa konsep surat yang akan kami posting melalui website ini. Disamping itu format surat dalam bentuk microsoft word dan bisa anda download secara gratis melalui tautan yang telah kami sematkan di bawah ini.

Contoh Surat Keterangan Siswa Aktif 

Dalam membuat surat keterangan siswa aktif, ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan, yakni :

  1. Kop Surat

Kop surat bisa disesuaikan dengan kop surat sekolah masing-masing dan harus proposional dengan ukuran margin kertas.

  1. Nomor Surat

Penulisan nomor surat terletak dibawah kalimat Surat Keterangan.

Di contoh diatas tertera beberapa kode, untuk lebih jelasnya simak uraian di bawah ini :

  • 2 = angka 001 menunjukkan bahwa itu adalah surat yang dikeluarkan pertama, sementara angka 2 adalah kode pribadi di sekolah admin bahwa menunjukkan surat tersebut ditujukan keluar sekolah.
  • 151 = angka ini merupakan kode sekolah admin bekerja. Angka ini bisa disesuaikan dengan kode sekolah masing-masing.
  • TU = TU sendiri merupakan singkatan dari Tata Usaha, jadi yang telah mengeluarkan surat adalah pihak Tata Usaha.
  • V1 = merupakan bulan dimana surat tersebut dikeluarkan, pada contoh disini bulan V1 adalah bulan Juni.
  • 2018 = angka ini merupakan tahun dimana surat tersebut dikeluarkan.
  1. Identitas Siswa

Identitas siswa sendiri tidak berbeda jauh dengan surat pada umumnya, yaitu meliputi :

  • Nama Lengkap Siswa
  • Nomor Induk Siswa atau Nomor Siswa Nasional
  • Tempat dan Tanggal Lahir Siswa
  • Kelas dan Progam, disini kimi menggunakan Program karena tempat kami admin bekerja adalah SMK.
  • Alamat Tempat Tinggal Siswa
  1. Titimangsa

Titimangsa bisa disesuaikan dengan daerah sekolah bekerja, jadi sesuaikan dengan tempat sekolah dimana anda berada. Serta penulisan tanggal yang sesuai dengan surat tersebut dikeluarkan pada tanggal berapa.

Contoh format surat Keterangan Siswa Aktif Terbaru 2016/2017 yang lengkap bisa di download melalui 2 link berikut ini.

Format surat Keterangan Siswa Aktif. DOcx – KLik Disini

Database mail mereg surat Keterangan Siswa Aktif.xls – KLik Disini

Sekian tips dari kami untuk mempermudah anda mencetak surat Keterangan Siswa Aktif dan surat lainnya, kami telah membuatnya dalam bentuk mail merge. Jadi, setelah anda download 2 file diatas, silahkan buka database terlebih dulu lalu edit sesuai dengan data siswa sekolah anda. Selanjutnya save, lalu buka file wordnya, jika muncul perintah untuk membuka database pilih YES lalu masukkan database.

Selain surat keterangan siswa aktif, di dalam file word  yang sudah anda download tersebut kami juga sudah membuat beberapa format surat yang lainnya seperti surat keterangan mempunyai NISN, kelakuan baik, pindah sekolah, dan sebagainya.

Baca juga : Aplikasi Kartu Pelajar Sederhana

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Surat Keterangan Siswa Aktif. Semoga informasi bermanfaat untuk kita semua terutama bagi anda yang membutuhkannya. Terima kasih atas perhatiannya. Sampai jumpa di pembahasan yang berikutnya.

Leave a Comment