Contoh Surat Pelimpahan Tugas Kepala Sekolah

Posted on

Contoh Surat Pelimpahan Tugas Kepala Sekolah – Pada artikel ini kami akan menjelaskan tentang surat pelimpahan tugas dan wewenang kepala sekolah beserta dengan contohnya.



Pengertian Surat Pelimpahan Tugas

Surat pelimpahan tugas atau surat kuasa adalah surat yang berisi pelimpahan wewenang atau tugas dari seseorang atau pejabat kepada orang lain atau pejabat lainnya, dikarenakan pemberi kuasa tidak dapat melaksanakan wewenang atau tugasnya karena alasan tertentu.

Fungsi Surat Pelimpahan tugas adalah sebagai bukti pernyataan tertulis dari pihak pemberi kuasa atau tugas kepada penerima kuasa atau tugas sehingga penerima kuasa harus menerima dan melaksanakan hak dan kewajiban yang telah disepakati dalam surat pelimpahan tugas.

Apabila kapala sekolah sedang melakukan kegiatan seperti cuti sakit, melahirkan, perjalanan dinas dan lain – lain lebih dari 3 hari maka kepala sekolah dapat mendelegasikan tugas – tugas dan wewenangnya kepada wakilnya di sekolah.

Baca juga: Program Kerja Kepala Sekolah

Alasan Pelimpahan Tugas Kepala Sekolah

Dalam melakukan pelimpahan atau pendelegasian tugas tentunya tidak serta merta dilakukan karena keinginan pribadi saja.



Pelimpahan tugas dilakukan karena adanya persoalan atau kegiatan penting yang tidak bisa ditinggalkan atau diwakilkan oleh orang lain. Di antaranya adalah sebgai berikut:

  1. Cuti Tahunan

Cuti tahunan adalah periode waktu istirahat atau cuti selama minimal 12 hari kerja yang berhak diterima oleh pegawai negeri sipil setelah melakukan masa kerja selama 12 bulan berturut turut dan terus menerus. Pada saat melakukan cuti tahunan ini maka pegawai akan tetap mendapatkan gaji atau penghasilan yang digunakan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

  1. Cuti Besar

Cuti besar atau yang biasa dikenal dengan istirahat panjang merupakan hak yang berhak diterima oleh pegawai negeri sipil yang telah bekerja selama 6 tahun berturut – turut dan terus menerus pada perusahaan yang sama dan berlaku untuk setiap kelipatan masa kerja 6 tahun.

  1. Cuti Sakit

Para pegawai negeri sipil memiliki hak untuk menerima cuti sakit dengan menyertakan surat keterangan sakit dari dokter atau rumah sakit. Bagi pegawai negeri sipil yang telah melaksanakan cuti sakit selama 1 (satu) tahun maka harus memperoleh surat dari tim penguji kesehatan untuk mendpatkan perpanjangan cuti selama 6 (enam) bulan jika dirasa masih diperlukan. Selama menjalani cuti sakit pegawai tetap mendapatkan gaji dan tunjangan yang diatur oleh perundang – undangan.

  1. Cuti Melahirkan

Untuk kepala sekolah wanita, jika saat menjabat dalam keadaan hamil maka berhak atas cuti melahirkan. Setiap pegawai mendapatkan jatah cuti 3 (tiga) kali melahirkan selama menjabat. Namun apabila sebelum menjabat sudah pernah melahirkan maka pegawai negeri sipil tetap memiliki jatah cuti 3 (tiga) kali melahirkan.

  1. Cuti Karena Alasan Penting

Setiap pegawai negeri sipil diberikan hak untuk cuti karena alasan penting. Cuti karena alasan penting paling lama 2 (dua) bulan selama masa kerja. Saat melakukan cuti karena alasan penting pegawai tetap mendapatkan gaji dan tunjangan yang diatur oleh perundang – undangan.



Baca juga: Contoh Surat Izin Guru Tidak Masuk Sekolah

Contoh Surat Pelimpahan Tugas Kepala Sekolah

Dalam melakukan pelimpahan atau pendelegasian tugas kepada wakil atau staf sekolah, maka perlu dibuat surat pelimpahan tugas kepala sekolah agar pelimpahan tugas lebih jelas dan dapat dipertanggung jawabkan.

Dalam surat pelimpahan tugas ini perlu diuraikan secara jelas tugas – tugas yang akan dilimpahkan atau didelegasikan. Surat pelimpahan tugas ini juga harus ditanda tangani oleh dua belah pihak yaitu pemberi kuasa atau pelimpah tugas (kepala sekolah) dan pihak kedua yaitu penerima kuasa atau penerima limpahan tugas (wakil kepala sekolah atau staf sekolah).

Untuk lebih memahami penjelasan dari surat pelimpahan tugas kepala sekolah, silahkan lihat contoh surat pelimpahan tugas kepala sekolah di bawah ini:

Teman – teman juga bisa mengunduh contoh – contoh Surat Pelimpahan Tugas Kepala Sekolah lainnya melalui link di bawah ini:

 

Baca juga: Contoh Surat Pelimpahan Tugas Karena Cuti

Baca juga: Format Laporan BOS Terbaru 2021-2022

Demikian artikel kali ini yang membahas tentang Contoh Surat Pelimpahan Tugas Kepala Sekolah. Semoga ringkasan penjelasan beserta contoh yang kami sajikan dapat membantu mempermudah teman – teman dalam memahami Surat Pelimpahan Tugas Kepala Sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *