Pembahasan Materi Tahsinul Kitabah Untuk Santri

Posted on

Materi Tahsinul Kitabah Untuk Santri – Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi tentang materi yang dibahas tahsinul kitabah pada santri.



Dalam taman pendidikan Al Qur’an atau TPA/ TPQ salah satu yang diajarkan adalah menulis tulisan arab yang atau menulis tulisan hijaiyyah. Untuk awalan santri atau anak – anak biasanya akan diarahkan untuk menulis yang mudah – mudah dulu.

Semua disesuaikan dengan kemampuan dasar anak. Baru jika pada taraf yang mudah sudah lancar maka akan masuk atau menginjak ke materi yang lebih agak sulit dibandingkan sebelumnya.

Sebelum masuk ke dalam pembahasan materi tahsinul kitabah ada baiknya kita mempelajari terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Tahsinul Kitabah.

Baca juga: Cara Daftar Emis Pontren Dan Cara Pengisian Data

Baca juga: Simba PD Pontren Cara Daftar Dan Login



Pengertian Tahsinul Kitabah

Tahsinul kitabah berasal dari kata tahsin dan al kitabah. Yang mana tahsin memiliki arti perbaikan sedangkan kitabah artinya menulis. Secara istilah, tahsinul kitabah merupakan menulis huruf – huruf Al Qur’an (Hujaiyyah) dengan cara memperhatikan kaidah – kaidah yang ada pada penulisan huruf secara baik dan benar.

Pada TPQ dan TPA materi tahsinul kitabah diajarkan untuk santri yang berusia antara 15 tahun sampai dengan 12 tahun sesuai dengan jenjang pendidikan.

Banyak yang berpendapat tahsin kitab masih lebih sulit daripada membaca. Hal ini disebabkan karena untuk dapat pada tahap menulis para santri harus terlebih dahulu mengenal apa yang akan ditulis, bagaimana bentuknya, bagaimana membacanya, dan lain sebagainya.

Agar santri lebih mudah dalam belajar tahasinul kitabah terdapat 2 langkah yang dilakukan. Langkah pertama adalah dengan mengenalkan dan memahami huruf – huruf hijaiyyah. Langkah kedua adalah dengan cara menuangkan huruf – huruf hijaiyah yang sudah dikenal tersebut ke dalam bentuk tulisan.

Materi dari pembahasan tahsinul kitabah ini dibagi menjadi 2 jenjang yaitu TPQ A dan juga TPQ B



Baca juga: Soal Agama Islam Kelas 2 SD Semester 1 Dan 2 K13

Baca juga: Jenis Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

Pembagian Materi Tahsinul Kitabah

Untuk menyesuaikan materi dengan kemampuan yang dimiliki oleh anak atau santri, maka materi pelajaran tahsinul kitabah ini dibagi menjadi 2, antara lain sebagai berikut:

1.TPQ A

Pada level tahsinul kitabah TPQ A materi pembahasannya masih dengan pembahasan dan kegiatan yang membuat anak atau santri senang. Seperti mewarnai huruf – huruf hujaiyyah tunggal, menyambung titik – titik yang membentuk huruf – huruf hujaiyyah tunggal, memberikan warna pada huruf sambung dari beberaoa huruf dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.