Penjelasan Takmir Masjid Dan Marbot Masjid

Posted on

Penjelasan Takmir Masjid Dan Marbot Masjid Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan takmir masjid dan juga marbot masjid.



Masjid merupakan sebuah tempat untuk malaksanakan ibadah bagi umat Islam. Biasanya tidak hanya untuk melakukan ibadah shiolat berjamaah saja, namun juga untuk melakukan kegiatan – kegiatan keagamaan lainnya.

Baca juga: Man Hadza, A Hadza, Maa Hadza Artinya Dan Cara Penggunaan

Baca juga: Cara Login Simas Kemenag 2022

Sebuah masjid biasanya dikelola oleh pengelola masjid yang akan mengurusi segala hal yang berhubungan dengan pengembangan masjid.

Pasti di anatara kalian sudah tidak asing lagi dengan yang istilah takmir masjid?



Siapa sebenarnya takmir masjid? Apa tugas dari takmir masjid? Dan apa perbedaan antara takmir masjid dan marbot masjid?

Untuk mendapatakan jawaban dari berabagai pertanyaan yang mungkin muncul di fikiran kalian. Maka silahkan simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Takmir Masjid

Takmir masjid adalah seseorang yang bertugas untuk  hal – hal yang berkaitan dengan manajerial dari masjid yang bersangkutan.

Takmir masjid merupakan pengurus masjid yang bertugas untuk mengelola manajemen amsjid. Takmir masjid biasanya terdiri dari beberapa orang yang dibentuk dalam struktur kepengurusan yang bentuknya seperti sebuah organisaasi.

Kebanyakan takmir masjid pun bekerja secara sukarela, dikarenakan anggota dari takmir masjid juga biasanya adalah warga sekitar masjid atau anggota dari jemaah masjid.

Lalu apa yang dimaksud dengan marbot masjid? Bukankah sama saja? Ataukah berbeda?



Baca juga: Contoh Rundown Acara Di Banyak Event

Baca juga: Apa Itu Implementasi : Pengertian Menurut Ahli

Pengertian Marbot Masjid

Sedangkan pengertian marbot masjid adalah pengurus masjid yang secara teknis bertanggung jawab atas lingkungan masjid seperti menjaga kebersihan masjid, menjaga keamanan masjid.

Marbot masjid juga bertugas untuk mengurus hal – hal yang berkaitan dengan masjid yang terkait. Tugas dari marbot masjid itu sendiri adalah melakukan pengecekkan imam sholat berjamaah atau imam pada saat sholat Jumat.

Mempersiapkan nama imam cadangan apabila imam utama tidak bisa atau ada halangan untuk mengimamai jemaah.

Selain itu marbot masjid juga bertugas untuk mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan ketika sholat Jum’at seperti halnya menentukan jadwal siapa yang menjadi imam dan memimpin khutbah pada hari Jum’at tersebut.

Meskipun banyak sekali beban yang harus dilakukan oleh marbot masjid. Namun, sebagai marbot masjid yang sudah diberikan amanah untuk menjalankan tugasnya sudah seharusnya untuk tetap melaksanakan kewajibannya dengan baik.

Marbot masjid juga memiliki tugas untuk membuat perencanaan kegiatan – kegiatan keagamaan yang nantinya akan diselenggarakan di masjid tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.