Cara Tarik PTK Dapodik 2022

Posted on

Cara Tarik PTK Dapodik 2022 – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang Cara Tarik PTK Dapodik 2022. Dalam artikel ini kami juga akan menyajikan langkah – langkah disertai dengan penjelasan sehingga dapat dipahami dengan mudah.



Mutasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Dalam dunia kepegawaian di ranah PNS atau pendidikan ada istilah yang disebut dengan mutasi. Mutasi di sini diartikan sebagai pindah unit kawaasan kerja atau pemindahan guru dari suatu instansi sekolah ke sekolah lain, baik instansi sekolah tersebut masih dalam satu wilayah kerja tingkat kecamatan, kabupaten, maupun provinsi.

Pada hakikatnya setiap guru atau tenaga pendidik harus siap jika harus dilakukan mutasi kapan pun. Karena mutasi dilakukan dengan berbagai latar belakang yang telah dipertimbangkan oleh sekolah sebelumnya.

Baca juga: Verval PTK Untuk Pengajuan NUPTK

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan guru di mutasi dari suatu instansi sekolah, antara lain:

  1. Pemerataan guru yang berprestasi
  2. Menyegarkan atau memperbaharui suasana lingkungan kerja
  3. Mengikuti suami yang pindah ke wilayah atau kawasan lain
  4. Memperdekat wilayah atau kawasan kiprah dengan kawasan domisili seorang guru
  5. Dan alasan lain sebagainya.

Sebelum adanya aplikasi mutasi dari dapodik, guru yang akan melakukan atau dimutasi ke instansi sekolah yang baru harus membawa surat keterangan mutasi yang harus ditanda tangani pihak manajemen  kepegawaian dengan tanda tangan basah atau offline.

Namun sekarang seorang PTK yang akan dimutasi sudah dapat melakukan pendataan mutasi secara online. Pendataan ini dilakukan melalui dapodik, seorang PTK yang dimutasi juga harus dimutasi datanya di aplikasi dapodik lalu dilanjut dengan melakukan sinkroniasi secara online.



Aplikasi yang dimaksud adalah Aplikasi Dapodik Versi 2022, yang dapat memudahkan pemutasian PTK oleh guru secara online.

Baca juga: Cara Cetak Kartu NUPTK

Langkah – langkah Tarik PTK Dapodik 2022

Dalam proses penarikan PTK oleh guru dan tenaga kependidikan yang dipindahkan, ada 3 (tiga) pihak yang dilibatkan dalam proses pemindahan atau penarikan PTK secara online melalui dapodik. Langkah – langkah dalam melakukan Tarik PTK di dapodik Versi 2022 adalah sebagai berikut:

(1) PTK yang dimutasi harus lapor ke operator sekolah asal

PTK yang sudah resmi dimutasi diharuskan lapor kepada operator dari sekolah lama atau sekolah asal. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan data dari PTK yang telah dimutasi atau dipindahkan kawasan kiprahnya dari dapodik sekolah yang ditinggalkan dengan alasan keluar karena mutasi.

(2) PTK yang dimutasi harus lapor ke operator sekolah baru

Setelah data dari PTK yang dimutasi dikeluarkan dari dapodik sekolah sebelumnya atau sekolah asal, lalu PTK harus lapor ke operator sekolah tujuan atau sekolah baru.

(3) Silahkan melakukan tarik data PTK online

Dalam melakukan tarik PTK secara online di dapodik versi 2022 ini harus melalui langkah – langkah sebagai berikut:



  1. Langkah pertama, silahkan teman – teman kunjungi laman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/
  2. Selanjutnya akan muncul tampilan awal dari laman dapodik, silahkan teman – teman masuk atau login menggunakan sso. Peratikan ketentuan – ketentuan yang telah dituliskan seperti email yang digunakan harus aktif, tidak diperkenankan menggunakan email orang lain, jika melakukan pengaturan ulang akun dapat melalui manajemen dapodik.
  1. Lalu, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Silahkan masukkan username dengan password dapodiknya.
  2. Setelah teman – teman berhasil masuk atau login, akan muncul tampilan dari beranda seperti gambar di bawah ini. Nah, setelah silahkan teman – teman klik tab bertuliskan Aplikasi.
  3. Setelah teman – teman mengeklik tab aplikasi, akan muncul beberapa pilihan. Silahkan teman – teman klik tab bertuliskan PTK, seperti gambar di bawah ini.
  4. Selanjutnya, akan muncul bagian penugasan PTK seperti gambar berikut. Lalu isi data yang harus teman – teman lengkapi seperti yang tertera pada gambar.
  5. Jika telah terisi semua, silahkan klik tomol Cari, seperti pada gambar berikut.
  6. Jika telah muncul, silahkan teman – teman pilih PTK tersebut dan selanjutnya klik simpan.
  7. Setelah selesai tinggal menunggu konfirmasi dari dinas.
  8. Jika dinas telah mengkonfirmasi, silahkan teman – teman sinkornkan data dengan yang ada di Dapodik Versi 2022. Lalu proses tarik PTK telah selesai.

Mungkin banyak teman – teman guru yang masih merasa kesulitan dalam melakukan penarikan data PTK menggunakan Dapodik Versi 2022 secara online. Kami berharap dengan adanya langkah – langkah yang telah kami sajikan dapat mempermudah teman – teman atau PTK yang sedang melakukan mutasi atau tarik PTK di Dapodik.

Baca juga: Contoh PTK SD Kelas 1-6

Lebih jelasnya simak video berikut ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *