Rumus Tekanan Hidrostatis

Posted on

Contoh Soal Tekanan Hidrostatis – Fisika merupakan pelajaran yang berisi begitu banyak materi yang bisa kita pelajari. Masing-masing materi ini biasanya memuat teori dan rumus yang dapat kita amati dan hafalkan. Salah satunya adalah tentang tekanan hidrostatis.



Pada pembahasan kali ini kami akan membahas lebih dalam seputar tekanan hidrostatis. Mulai dari pengertian tekanan hidrostatis, rumus tekanan hidrostatis hingga soal tekanan hidrostatis. Kita awali dari definisi tekanan hidrostatis.

Pengertian Tekanan

Sebelum membahas arti tekanan hidrostatis, kita perlu mengetahui apa itu tekanan. Tekanan adalah satuan fisika untuk menyatakan gaya (F) per satuan luas (A). Satuan tekanan juga bisa dipakai untuk mengukur kekuatan dari suatu cairan atau gas. Satuan tekanan juga bisa dihubungkan dengan satuan volume (isi) dan suhu.

Baca juga : Analisis Butir Soal Pilihan Ganda

Pengertian Tekanan Hidrostatis

Tekanan hidrostatis adalah tekanan yang diberikan oleh air ke semua arah pada titik ukur manapun dan mengakibatkan adanya gaya gravitasi. Tekanan hidrostatis juga dapat meningkat seiring dengan bertambahnya kedalaman yang diukur dari permukaan air.

Materi Tekanan Hidrostatis

Tekanan hidrostatis dapat diartikan sebagai tekanan yang diakibatkan oleh zat cair yang diam pada suatu kedalaman tertentu. Besarnya tekanan hidrostatis juga tergantung dari beberapa hal, seperti ketinggian zat cair, massa jenis zat cair dan percepatan gravitasi bumi.



Akibat gaya gravitasi, berat partikel air akan menekan partikel-partikel di bawahnya. Sehingga partikel-partikel air di bawahnya akan saling menekan hingga ke dasar air. Inilah yang membuat tekanan di bawah tersebut akan lebih besar dari tekanan di atas.

Jadi semakin dalam kita menyelam dari permukaan air, maka semakin banyak volume air yang ada di atas kita dengan permukaan air. Sehingga tekanan yang diberikan air pada tubuh kita juga akan semakin besar.

Tekanan hidrostatis pada titik kedalaman berapapun tidak dipengaruhi oleh berat air, luas permukaan air maupun bentuk bejana air. Tekanan hidrostatis akan menekan ke segala arah. Satuan tekanan adalah Newton per meter kuadrat (N/m²) atau Pascal (Pa).

Sifat-Sifat Tekanan Hidrostatis

Tekanan hidrostatis mempunyai sifat-sifat tertentu, di antaranya:

  1. Semakin dalam letak suatu titik dari permukaan zat cair, maka tekanannya akan semakin besar.
  2. Tekanan hidrostatis bergantung pada kedalaman.
  3. Tekanan zat cair ke segala arah sama besar.
  4. Pada kedalaman yang sama, tekanan yang dihasilkan juga sama.
  5. Tekanan hidrostatis akan sangat dipengaruhi oleh gaya gravitasi.
  6. Tekanan hidrostatis tidak bergantung pada bentuk wadah.
  7. Tekanan hidrostatis bergantung pada massa jenis zat cair.

Baca juga : Soal Matematika Kelas 7 Semester 1

Rumus Tekanan Hidrostatis

Tekanan hidrostatis memiliki rumus yang bisa dipahami. Berikut adalah rumus tekanan hidrostatis:

Leave a Reply

Your email address will not be published.