×

Teknik Pengumpulan Data Kuantitatif

Posted on

Teknik Pengumpulan Data Kuantitatif – Kualitas  dari suatu penelitian akan tergantung dari dua hal, yaitu instrumen penelitian dan teknik pengumpulan data. Untuk memperoleh hasil penelitian yang bisa dipercaya atau kredibell. Maka instrumen penelitian harus Valid dan Reable, sedangkan peneliti juga diharuskan unttuk menggunakan teknik pengumpulan data yang tepat.

Instrumen harus melewati Validitas dan Reliabilitas – Untuk bisa membuat instrumen penelitian menjadi valid dan reable maka instrumen peneletaian juga harus melewati proses validitas dan reabilitas.

Peneliti Harus Menggunakan Teknik Penelitian Yang Tepat – Sedangkan untuk membuat teknik pengumpulan data menjadi tepat, maka peneliti harus benar-benar memahami, data yang akan didapatkan dan dengan teknik apa peneliti bisa mendapatkan data tersebut.



Maka dari itu, menjadi sangat penting bagi peneliti untuk mengetahui teknik pengumpulan data kuantitatif. Artikel ini akan mengulas tentang :

  • Definis Teknik Pengumpulan Data
  • Tujuan Pengumpulan Data
  • Jenis-Jenis Teknik Pengumpulan Data

Baca juga : Contoh Penelitian Kuantitatif Pendidikan

Definisi Teknik Pengumpulan Data

Dikutip dari Pastiguna, teknik pengumpulan data adalah metode atau cara yang bisa digunakan peneliti dalam pengumpulan data.

Sedangkan menurut Jhonshon & Cristensen (200 : 126) dikutip dari kumpulanmakah, meyebutkan bahwa metode pengumpulan data adalah teknik untuk mendapatkan data untuk dianalisis dalam suatu penelitian.

Jadi, dari kedua penjelasan diatas kita akan menemukan persamaan, dimana keduanya menekankan bahwa teknik pengumpulan data adalah cara yang digunakan untuk mendapatkan data.

Mengumpulkan data sendiri bisa dibilang sulit, jika kita salah dalam memilih teknik mengumpulkan data maka akan salah pula data yang di ambil. Sehingga akan mengurangi nilai dari hasil penelitian itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *