Penjelasan Teori Asam Basa Lewis

Posted on

asam basa

NH3 menyerahkan pasangan elektron bebasnya kepada molekul BF3. Berdasarkan teori ini NH3 bertindak sebagai asam, lalu BF3 bertindak sebagai basa. Pada pembentukan senyawanya terjadi ikatan kovalen koordinasi.

Baca juga: Teori Kinetik Gas dan Termodinamika

Reaksi Na2O dan SO3

Pada reaksi ini melibatkan reaksi ion oksida O2- dari Na2O padat dan gas SO3.



Na2O(s) + SO3(g) = Na2SO4(s)

Atau O2– + SO3 –> [SO4]2–

Pada reaksi di atas SO3 menerima pasangan elektron dari ion O2-. Lalu di waktu yang bersamaan pasangan elektron ikatan dari S = O bergerak ke arah atom O. Sehingga O2- merupakan basa Lewis dan SO3 merupakan asam Lewis.

Ada hal menarik dari definisi asam menurut teori Lewis. Yakni adanya senyawa yang tidak mempunyai hidrogen bisa bertindak sebagai asam. Contohnya adalah molekul BF3.

Dengan menentukan struktur Lewis dari BF3, diketahui B kurang dari oktet dan bisa menerima pasangan elektron. Sehingga bisa bertindak sebagai asam Lewis.

Dalam kenyataan molekul yang tidak mencapai oktet sering merupakan asam Lewis yang kuat lantaran molekul tersebut bisa mencapai konfigurasi oktet dengan menerima pasangan elektron tak berikatan. Senyawa yang termasuk dalam perioda yang lebih bawah dari perioda dua arah pada sistem periodik unsur kimia bisa bertindak sebagai asam Lewis yang sangat baik, dengan memperbanyak susunan valensi terluarnya.

Kelebihan Teori Asam Basa Lewis

asam basa lewis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *