Tugas Humas Dalam Organisasi Dan Administrasi

Posted on

Tugas Humas Dalam Administrasi – Peran humas atau yang biasa disebut dengan publik relation tentu sangat krusial bagi suatu organisasi.



Humas memegang peran penting dalam menciptakan citra baik organisasi, mengkomunikasikan segala bentuk informasi mengenai organisasi baik itu kepada publik, klien maupun para investor. Sehingga dapat dikatakan bahwa humas merupakan wajah dari organisasi itu sendiri.

Ia harus memahami secara detail seluk beluk dan segala informasi yang berkaitan dengan organisasi. Disamping itu, ia juga akan membawa citra dari sebuah organisasi sehingga hal ini harus tercermin dari tampilan dan juga tata bahasa yang baik.

humas

Seorang humas diharuskan mampu untuk menciptakan poin positif sehingga nanti dapat meningkatkan penjualan atau citra positif suatu organisasi di mata publik.

Bagian kehumasan akan selalu berhubungan dengan dunia luar, maka tak heran jika ia menghabiskan kegiatan di luar ruangan atau di lapangan.

Ia memiliki tugas mengendukasikan kepada khalayak dan memperkenalkan kelebihan atau keunggulan suatu organisasi.



Baca juga: Pengertian Manajemen Menurut Ahli

Fungsi Humas

Sehingga pada akhirnya dapat menarik minat banyak sekali orang untuk bergabung ke dalam organisasi atau membeli produk yang merupakan hasil buatan dari anggota organisasi itu sendiri.

Kesuksesan dalam suatu organisasi dan karakteristik perusahaan manufaktur akan sangat ditentukan oleh keberhasilan seorang humas atau publik relations dalam mempertahankan reputasi, citra postif di masyarakat.

Seperti sekarang ini, keterbukaan akan informasi kepada publik bukan menjadi hal yang rahasia. Namun yang pasti peran humas sangat krusial.

Dalam hal seperti ini humas diharuskan untuk memberikan informasi yang sesuai dengan fakta dan keakuratan tentang semua informasi dalam suatu organisasi.

Pastinya dengan cara penyampaian yang baik dan selalu menjunjung tinggi etika maka informasi tersebut dapat diterima dengan mudah oleh masyarakat.

Humas memiliki peran penting dalam menjaga hubungan antara organisasi dengan stakeholder dan masyarakat terkait.



humas organisasi

7 Tugas Humas Dalam Administrasi Perkantoran

Adapun beberapa tugas humas dalam organisasi maupun administrasi perkantoran adalah sebagai berikut :

  1. Strategi Komunikasi Publik

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa humas atau publik relations merupakan wajah dari suatu organisasi. Humas memegang peran penting dalam menyampaikan informasi tentang organisasi kepada stakeholder yang terkait dan kepada publik.

Semua bagian humas sudah dilengkapi dengan contact center sehingga dapat menerima keluhan dan menjadi tempat dimana masyarakat bisa mendapatkan informasi secara lengkap mengenai organisasi. Bagian humas selalu berkaitan dengan media entah itu media televisi, iklan atau cetak sehingga bisa menunjukkan perihal kondisi terkini dari suatu organisasi.

  1. Mengelola Keadaan Darurat

Pada saat sebuah kondisi menghampiri yang dapat merusak atau bahkan meruntuhkan citra suatu organisasi. Maka disinilah peran penting humas diperlukan. Kondisi seperti ini pastinya tidak pernah diharapkan, tetapi bisa terjadi kapan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.