Bacaan Taawudz Auudzu Billaahi Minasy-syaithoonir Rojiim, Minta Perlindungan Dari Allah SWT

Posted on

Bacaan dan Tulisan Lafadz Taawudz – Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi tentang bagaimana bacaan taawudz dalam tulisan Arab, latin, disertai dengan artinya.



Dalam membaca ayat suci Al Qur’an terdapat adab atau tata etika yang harus diperhatikan dan dilakukan ketika sedang atau akan membaca Al Qur’an. Seperti memastikan diri dalam keadaan suci, berpaikan sopan dan menutup aurat, membaca taawudz dan bismillah, dan lain sebagainya.

Baca juga: Contoh Bacaan Mad Silah Tawilah

Baca juga: Contoh Bacaan Mad Silah Qasirah, Ayat Dan Suratnya

Baca juga: Bacaan Sholawat Allahumma Sholli Sholatan

Bacaan taawudz juga disebut dengan bacaan isti’adzah. Taawudz adalah suatu doa yang di dalamnya memohon perlindungan Allah Swt dari godaan syaiton yang terkutuk.



Imam Asy-Syafi’i, Abu Hanifah dan mayoritas ahli qira’ah menilai laradz inilah yang paling afdhal karena berdasarkan surat An-Nahl ayat 98, berbunyi:

فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Artinya: “Apabila kamu membaca Al-Qur’an, mintalah perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk.” (QS. An-Nahl : 98)

Membaca lafadz taawudz sebenarnya tidak dibatasi mau kapan pun dan dimana pun. Namun, terutama yang dianjurkan adalah sebelum membaca Al Qur’an.

Adapun bacaan dari lafadz taawudz adalah sebagai berikut :

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ



A’uudzu billaahi minasy-syaithoonir rojiim

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk.”

Imam Ibnu Katsir menjelaskan bahwa membaca ta’awudz merupakan permohonan agar terhindar dari hal-hal negatif yang bersifat batiniah dan untuk mendatangkan kebaikan.

Apa saja keutamaan membaca taawudz?

Apabila kita membaca taawudz maka kita akan mendapatkan keutamaan – keutamaannya seperti, dihindarkan dari amarah,dilindungi Allah Swt dari segala bentuk kejahatan, dijauhkan dari godaan syaiton yang terkutuk, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Doa Orang Tua : Robbi Firli Waliwalidayya Warhamhuma

Baca juga: Doa Zikir Pagi Hari Rodhitu Billahi Robba

Baca juga: Lafadz Laa Ilaaha Illallah Tulisan Arab, Latin Dan Artinya

Itulah bacaan dari lafadz taawudz dalam bahasa Arab, latin, arti serta keutamaannya. Semoga kita semua senantiasa dalam perlindungan Allah Swt.

Dan semoga sedikit informasi yang kami sampaikan dalam artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya. Aamiin yaa robbal alamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.