Analisa Usaha Daur Ulang Plastik Dan Botol Kaca


Usaha Daur Ulang Plastik Dan Botol Kaca – Saat ini usaha daur ulang plastik menjadi salah satu usaha yang banyak diminati karena sangat menjanjikan. Dengan  modal yang tidak terlalu besar anda sudah mampu mendatangkan pundi pundi rupiah yang besar.

Memproses sampah plastik menjadi barang yang bernilai memang bukan merupakan hal yang mudah. Dibutuhkan modal dan pastinya keterampilan tinggi untuk dapat memulai usaha yang satu ini.

Analisa Usaha Daur Ulang Plastik

Baca juga: Langkah Awal Memulai Usaha Kecil Hingga Besar

Kepedulian dalam mendaur ulang plasik semakin meningkat sering dengan kecintaan masyarakat akan lingkungan sekitar. Sampah plastik sendiri sangat berhubungan dengan keseharian kita.  Masyarakat menganggap plastik sebagai wadah yang sangat prkatis dan mudah serta efisien. Akan tetapi, penggunaan wadah plastik yang berlebihan pastinya akan menimbulkan polemik dan kerusakan terhadap lingkungan.

Plastik tergolong dalam jenis sampah anorganik yaitu sampah yang sulit untuk terurai. Sebuah riset menyatakan bahwa dibutuhkan waktu  yang sangat lama dan bahkan ratusan tahun untuk dapat mendaur ulang sampah plastik.

Maksudnya adalah jika anda tidak memanfaatkan sampah plastik menjadi hal yang berguna maka hal ini akan memberikan dampak yang buruk. Kelangsungan hidup di dunia ini dan kelangsungan kehidupan anak cucu kita tentu akan sangat terancam.

Para penggiat dan pecinta lingkungan telah mengupayakan dan mengkampanyekan cara dalam mendaur ulang sampah plastik.  Ternyata hasilnya adalah plastik dapat didaur ulang kedalam bentuk biji plastik yang mempunyai nilai jual yang lumayan.

Pastinya anda tidak boleh melewatkan peluang ini. Dari sampah menjadi berkah.  Berikut di bawah ini  kami akan bagikan cara memulai usaha daur ulang plastik bagi pemula.

Cara Memulai Usaha Daur Ulang Plastik

Analisa Usaha Daur Ulang Plastik

  1. Modal

Usaha daur plastik termasuk kedalam jenis usaha mikro kecil dan menengah. Sehingga modal yang dibutuhkan tidaklah besar. Modal merupakan hal penting yang harus di persiapkan pertama kali ketika akan memulai suatu usaha.

Untuk dapat membuka usaha pengolahan daur ulang plastik tentunya membutuhkan modal yang cukup. Anda harus menyiapkan modal yang berupa modal materiil ataupun non materill. Namun jika anda memiliki kendala dari segi modal, anda bisa mengajukan pinjaman ke pihak bank atau koperasi.

  1. Lokasi Usaha

Dalam membuka usaha pengolahan daur ulang sampah dibutuhkan lokasi yang luas. Hal ini dikarenakan dalam satu lokasi kita harus mempunyai tempat untuk  mentumpan  bahan baku, peralatan dan biji plastik yang sudah siap jual.

Disamping itu, anda harus memilih lokasi yang jauh dari daerah perumahan. Sebab, bahan baku sampah plastik  dapat menimbulkan bau yang tak sedap sehingga akan menganggu orang-orang yang ada di sekitarnya. Anda pun harus memiliki izin usah dan lingkungan dari dinas terkait setempat.

  1. Bahan utama

Bahan utama dalam bentuk sampah plastik bisa anda dapatkan di lokasi TPA. Akan tetapi, untuk memudahkan kontinuitas bahkan baku, anda bisa menjalin kerja sama dengan penjual plastik bekas atau para pemulung.

Salah satu usaha yang baik adalah mampu  memberdayakan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar anda.  Dengan demikian anda akan selalu mendapatkan bahan baku dengan mudah.  Hai tentunya juga lebih menghemat cost produksi. Anda hanya tinggal menunggu para pemasok yang mendatangi pabrik anda.

  1. Karyawan

Sumber daya manusia tentunya sangat dibutuhkan dalam menunjang usaha yang satu ini. Sehingga anda harus merekrut karyawan yang mempunyai pengalaman atau setidaknya memahami seluk beluk industri pengolahan sampah plastik.  Anda tidak akan mampu untu menjalankan usaha ini sendiri.  Maka dari itu, anda harus segera melalukan perekrutan karyawan supaya usaha anda bisa lebih cepat berproduksi.

  1. Timbangan dan Penggiling Plastik

Supaya mendapatkan hasil yang lebih produktif pastinya anda harus memakai mesin dan juga alat-alat yang dapat membantu kinerja produksi pabrik anda. Mustahil rasanya  jika anda tidak membutuhkan mesin dalam menjalankan usaha ini. Beberapa alat yang anda butuhkan adalah mesin timbangan, mesin pencacah plastik, mesin pengering serta wadah dan berbagai peralatan yang lainnya.

  1. Pihak yang Membeli Biji Plastik

Hal yang paling penting dalam usaha ini adalah tentunya pihak ketiga yang akan membeli biji plastik hasil produksi pabrik anda. Keuntungan akan anda dapatkan ketika biji plastik yang telah anda hasilkan dibeli oleh para pengusaha lain.

Namun jika anda tidak dapat menemukan rekanan yang akan membeli hasil biji plastik anda. Maka sebaiknya anda urungkan niat anda untuk memulai usaha daur ulang plastik ini. Anda harus mencari rekanan yang bisa membeli hasil daur ulang plastik anda terlebih dahulu.

  1. Ora et Labora (Usaha Sambil Berdo’a)

Salah satu hal terpenting dalam suatu usaha adalah dengan niat. Yang paling utama adalah semua usaha juga harus disertai dengan doa. Dengan selalu berdoa akan membuat usaha anda lebih sukses dan akan selalu diberikan kemudahan dalam menjalankan usaha kedepannya.

Usaha ini termasuk salah satu jenis usaha yang potensial untuk dijalankan sehingga anda sudah tidak perlu khawatir lagi. Jangan lupa untuk melakukan usaha anda dengan kerja keras dan selalu berdoa.

Usaha daur ulang plastik adalah salah satu jenis usaha yang masih belum banyak dilakoni. Akan tetapi, usaha ini mempunyai prospek yang sangat baik. Apabila anda membeli bahan mentah dengan harga 7.000 rupiah per kilo nya dan setelah di daur ulang anda dapat menjualnya seharga 17.000 per kilo.

Bisa anda bayangkan berapakah keuntungan dan juga omset yang bisa anda peroleh apabila usaha daur ulang anda mampu memproduksi 1 sampai 2 ton biji plastik. Pastinya hal ini keuntungan yang sangat besar. Ada beberapa tips dalam memulai usaha daur ulang plastik ini, yaitu :

  • Anda harus menemukan pihak ketiga yang akan membeli biji plastik yang anda produksi.
  • Sebaiknya anda menjalin kerjasama denga lebih dari satu pihak ketiga.
  • Lebih anda membeli bahan baku sampah plasti dari para pemulung secara langsung, supaya bisa mendapatkan harga yang lebih murah.
  • Anda harus benar-benar memahami mengenai metode dan cara mendaur ulang sampah plastik menjadi biji plastik dengan benar.
  • Pilihlah sumber daya manusia yang sudah berpengalama dalam bidang daur ulang sampah atau setidaknya mengerti dengan teknologi pengolahan daur ulang plastik.
  • Segera mungkin mengurus perizinan usaha dan izin lingkungan supaya usaha anda legal di mata hukum.

Jenis-Jenis Plastik yang Bisa di Daur Ulang

Penting untuk diketahui bahwa ternyata tidak semua jenis plastik bisa di daur ulang. Maka dari itu, kami disini akan menjelaskan mengenai beberapa jenis plastik yang bisa di daur ulang dan bisa bisa dijadikan sebagai sesuatu yang baru dan bermanfaat. Berikut di bawah ini ulasan selengkapnya.

  1. Polietilena Tereftalat (PET)

Polietilena Tereftalat (PET)

Jenis plastik ini dibuat dari minyak mentah dan memiliki warna yang putih jernih (tembus pandang). Adapun produk yang biasa menggunakan plastik jenis PET adalah air mineral, air minum kemasan, jus buah, dan berbagai botol plastik yang sekali pakai.  Ciri-cirinya adalah memiliki kode 1 tepat di bagian bawah botolnya.

  1. High Density Polyethylene (HDPE)

High Density Polyethylene (HDPE)

Jenis plastik HDPE ini biasa digunakan pada botol detergen, oli, atau berbagai produk makanan kemasan karena memiliki tekstur yang kuat dan keras. Bahkan jenis plastik ini juga digunakan pada galon, tas kresek dan dot susu karena memiliki sifat yang tahan terhadap suhu tinggi. Ciri yang dimilikinya adalah tidak berbau, tidak berbintik, dan pastinya tidak mudah robek ataupun jebol.

  1. Polyvinyl Chloride (PVC)

Polyvinyl Chloride (PVC)

Plastik Polyvinyl Chloride merupakan salah satu jenis plastik yang sangat susah untuk didaur ulang karena stabil dan  tahan terhadap cuaca, elektrik, dan bahan kimia. Jenis plastik yang satu ini umumnya digunakan pada konstruksi bangunan dan pipa air.

  1. Low Density Polyethylene (LDPE)

Low Density Polyethylene (LDPE)

Plastik Low Density Polyethylene (LDPE) ini memiliki tekstur yang lembek dan biasa digunakan untuk tempat makanan. Meski demikian plastik ini masih bisa dilakukan daur ulang, tetapi tidak bisa dihancurkan.

  1. Polypropylene (PP)

Polypropylene (PP)

Jenis PP cukup kuat dan memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap kimia dengan titik leleh yang tinggi. Pada umumnya jenis plastik ini digunakan untuk botol bayi, botol minum, makanan dan lain sebagainya. Jika plastik ini dilakukan daur ulang maka nantinya bisa dijadikan sebagai casing baterai, sapu, sikat, dan lain sebagainya.

  1. Polystyrene (PS)

Polystyrene (PS)

Plastik Polystyrene (PS) umum dimanfaatkan sebagai bahan utama sterofoam, tempat minum sekali pakai, tempat CD, karton tempat telur dan lain sebagainya.

Manfaat Daur Ulang Plastik Bagi Lingkungan dan Manusia

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa plastik merupakan sampah yang sangat sulit untuk terurai. Maka dari itu, penting sekali untuk melakukan daur ulang plastik  karena memberikan banyak manfaat. Inilah manfaat yang bisa didapatkan jika melakukan daur ulang ssampah plastik:

  1. Mengatasi Pencemaran Lingkungan dan Menimalisir Sistem Landfill (Pembakaran)

Karena sampah plastik sulit terurair di dalam tanah, maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memusnahkan sampah plastik, yaitu dengan cara dibakar dan  ditimbun (landfill). Metode pembakaran seperti ini justru menghasilkan asap pembakaran yang bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan jika terhirup dalam kadar tertentu.

Sementara itu, jika ditimbun maka sampah plastik tersebut nantinya akan dibiarkan di dalam tanah begitu saja dan bisa  menimbulkan bahaya yang lebih besar. Oleh karena itulah, alternatif yang paling aman dan tidak merusak lingkungan hanya dengan melakukan daur ulang sampah plastik.

  1. Menghemat Sumber Daya Alam

Manfaat Daur Ulang Plastik

Jika sampah plastik dilakukan daur ulang kembali, hal ini berarti tidak butuh plastik baru untuk dijadikan sebagai bahan baku. Dengan begitu, hasil dari daur ulang sampah plastik akan lebih menghemat sumber daya alam karena fungsinya dapat diubah menjadi material baru untuk industri tertentu.

  1. Meningkatkan Sumber Pendapatan dan Membuka Lapangan Kerja Baru

Sebagian besar dari anda mungkin masih belum tahu bahwa harga biji plastik yang dijual di pasaran umumnya mencapai 20 ribu per kilo, pemasarannya pun bisa sampai ke luar negari. Jika anda melakukan daur ulang sampah plastik menjadi biji plastik kemudian memasarkannya kembali maka sudah pasti akan memberikan hasil yang lumayan.

Melalui usaha yang menarik ini, anda juga memiliki kesempatan untuk memperkerjakan orang lain sehingga secara tidak langsung juga dapat mengurangi jumlah pengangguran.

  1. Meningkatkan Kreativitas dalam Melakukan Daur Ulang

Manfaat Daur Ulang Plastik

Selain dapat diolah kembali menjadi biji plastik, sampah plastik ternyata juga dapat diolah menjadi berbagai macam barang yang bermanfaat dan memiliki nilai jual cukup tinggi. Dalam hal ini anda nantinya akan ditantang untuk terus berinovasi dengan mengandalkan kreativitas dan ide supaya bisa mendaur ulang sampah plastik menjadi barang-barang unik dan beramfaat sehingga bisa dijual lagi.

Cara Mengolah Sampah Plastik

Pada pembahasan selanjutnya, kami akan menjelaskan bagaimana cara mengolah sampah plastik secara umum dan tetap bisa anda lakukan meskipun bisnis yang anda miliki berskala rumahan.

Adapun cara daur ulang sampah plastik yang baik dan benar adalah sebagai berikut:

Cara Mengolah Sampah Plastik

  1. Langkah pertama anda harus membersihkan plastik dari berbagai macam kotoran yang menempel seperti kertas, label plastik, ataupun lain sebagainya.
  2. Cara membersihkannya bisa dilakukan dengan menggunakan pisau cutter. Jika sudah dibersihkan maka bisa langsung dicuci sampai bersih.
  3. Pastikan bahwa plastik sudah menjadi pipih. Jika plastik memiliki rongga seperti botol maka bisa anda pipihkan dengan cara diinjak atau bisa juga dengan menggunakan mesin press.
  4. Langkah berikutnya, anda bisa masukkan plastik tersebut ke dalam mesin penghancur plastik.
  5. Silahkan anda pilah serpihan plastik yang sudah remuk berdasarkan jenisnya (ada yang tenggelam dan ada juga yang mengapung di air).
  6. Jika sudah dipilah, pastik bisa langsung dipisahkan sesuai dengan jenisnya dan kemudian dimasukkan ke dalam mesin pelebur.
  7. Langkah terakhir, plastik yang dimasukkan ke dalam mesin pelebur akan memiliki bentuk seperti helaian. Setelah itu, helaian plastik ini bisa anda potong dengan menggunakan mesin pellet. Nah inilah yang dimaksud dengan bijih plastik.

Analisa Usaha Pengolahan Sampah Plastik

Setelah mengetahui cara memulai usaha pengolahan sampah plastik dan manfaatnya, maka anda juga harus bisa bagaimana cara menganalisa usaha dari pengolahan sampah plastik. Dalam pembahasan mengenai analisa dari usaha pengolahan sampah plastik ini akan kami jelaskan mengenai biaya atau anggaran yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan usaha tersebut.

Kami disini juga akan menjelaskan mengenai keuntungan yang bisa anda dapatkan dari usaha pengolahan sampah plastik tersebut. Berikut ini adalah analisa usaha pengolahan sampah plastik yang penting anda ketahui :

Asumsi

  • Masa penggunaan mesin giling plastik selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan mesin oven pengering selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan pompa air selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan selang selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan sewa bangunan dan gudang selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan sewa lahan penjemuran selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan wadah selama waktu 3,5 tahun
  • Masa penggunaan timba selama waktu 3,5 tahun
  • Masa penggunaan kursi selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan pisau crusher selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan alat press manual selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan mesin penggerak selama waktu 5 tahun
  • Masa penggunaan peralatan lainnya selama waktu 3,5 tahun

Investasi

Peralatan Harga  
mesin giling plastik Rp.     14,688,100
mesin oven pengering Rp.       7,328,400
pompa air Rp.        1,146,600
selang Rp.        1,177,100
sewa bangunan dan gudang Rp.     32,585,700
sewa lahan penjemuran Rp.     28,961,200
wadah Rp.       1,230,300
timba Rp.       1,862,700
kursi Rp.       1,344,200
pisau crusher Rp.      2,802,800
alat press manual Rp.       3,592,300
mesin penggerak Rp.           715,400
Peralatan tambahan yang lainnya Rp.         1,116,650
Jumlah Investasi Rp.  98,551,450

 

Biaya Tetap Nilai
Penyusutan mesin giling plastik 1/62 x Rp. 14.688.100 Rp.          236,905
Penyusutan mesin oven pengering 1/62 x Rp. 7.328.400 Rp.           118,200
Penyusutan pompa air 1/62 x Rp. 1.146.600 Rp.             18,494
Penyusutan selang 1/44 x Rp. 1.177.100 Rp.             26,752
Penyusutan sewa bangunan dan gudang 1/62 x Rp. 32.585.700 Rp.           525,576
Penyusutan sewa lahan penjemuran 1/62x Rp. 28.961.200 Rp.            467,116
Penyusutan wadah 1/44 x Rp. 1.230.300 Rp.             27,961
Penyusutan timba 1/44 x Rp. 1.862.700 Rp.            30,044
Penyusutan kursi 1/62 x Rp. 1.344.200 Rp.              21,681
Penyusutan pisau crusher 1/44 x Rp. 2.802.800 Rp.            45,206
Penyusutan alat press manual 1/62 x Rp. 3.592.300 Rp.             57,940
Penyusutan mesin penggerak 1/62 x Rp.715.400 Rp.              11,539
Penyusutan peralatan lainnnya 1/44 x Rp. 1.116.650 Rp.             25,378
gaji karyawan buruh Rp 2100.000 Rp.      2,100,000
gaji karyawan admin Rp 850.000 Rp.         850,000
gaji karyawan kepala Rp 1.250.000 Rp.       1,250,000
gaji karyawan pemasaran Rp. 950.000 Rp.          950,000
alat tulis kantor Rp.         320,000
Total Biaya Tetap Rp.    6,709,194

 

Biaya Variabel
plastik campur Rp.  2,185,000 x 30 = Rp.     65,550,000
transpor bahan baku Rp.     831,000 x 30 = Rp.    24,930,000
karung Rp.      231,000 x 30 = Rp.       6,930,000
biaya sortir Rp.     238,800 x 30 = Rp.        7,164,000
biaya giling Rp.     946,500 x 30 = Rp.     28,395,000
transpor bahan jadi Rp.     986,700 x 30 = Rp.     40,397,700
baiaya perawatan mesin Rp.     267,000 x 30 = Rp.       7,005,000
biay listrik Rp.  1,346,590 x 30 = Rp.     10,350,000
biaya air Rp.     233,500 x 30 = Rp.    7,005,000
baiaya bbm Rp.     345,000 x 30 = Rp.     10,350,000
Total Biaya Variabel Rp.  208,076,700

 

Total Biaya Operasional
Biaya tetap + biaya variabel = Rp.  214,785,894

 

Pendapatan per Bulan
   600 kg x Rp.   15,000 = Rp.       9,000,000
Rp.    9,000,000 x    30 hr = Rp.  270,000,000

 

Keuntungan per Bulan
Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
Rp.          270,000,000  214,785,894 = Rp.     55,214,106

 

Lama Balik Modal
Total Investasi / Keuntungan = Rp.  98,551,450 :     55,214,106 =             2 bln

Berdasarkan perhitungan dari analisa usaha pengolahan sampah plastik diatas maka bisa dikatakan bahwa anda harus mengeluarkan biaya atau dana sekitar Rp 98,551,450 yang digunakan untuk biaya investasi, anggaran alokasi pemakaian biaya tetap sekitar Rp 6,709,194, untuk kebutuhan biaya variabel sekitar Rp 208,076,700 dan juga anggaran sebesar Rp 214,785,894 untuk jumlah total biaya operasional.

Dengan melakukan analisa usaha pengolahan sampah plastik ini maka bisa asumsikan bahwa dalam satu bulan jumlah total penerimaan yang akan diperoleh dari penjualan pengolahan sampah plastik sekitar 600 kg dalam satu  hari dan dijual seharga Rp 9,000,000 per kg sehingga hasil penjualan pengolahan sampah plastik yang bisa dipatkan dalam waktu sehari sekitar Rp 480,000.

Akan tetapi, jika dihitung dalam jangka waktu satu bulan maka usaha dari pengolahan sampah plastik bisa memperoleh keuntungan sebesar Rp 55,214,106. Jadi bisa dikatakan bahwa usaha pengolahan sampah plastik ini memang sangat menguntungkan karena memiliki nilai jual yang fantastis. Dalam usaha pengolahan sampah plastik ini anda membutuhkan  waktu kurang 2 bulan lebih supaya kembali modal.

daur ulang botol plastik

Perlu anda ketahui bahwa usaha dalam pengolahan plastik ini tidak akan bisa berjalan dengan lancar jika dalam proses pengolahan anda tidak menggunakan mesin penghancur plastik. Ketika anda ingin memulai usaha ini maka anda akan sangat membutuhkan bantuan dari mesin penghancur plastik ini karena bisa mempercepat proses produksinya

Fungsi mesin penghancur plastik disini adalah menggiling plastik bekas kemudian mengolahnya dengan cara yang sangat mudah. Sehingga sudah pasti lebih cepat, praktis, dan juga lebih efektif. Namun jika proses penggilingan sampah plastik dilakukan secara manual tanpa bantuan mesin penghancur plastik maka proses penggililingan plastik tidak bisa dilakukan secara sempurna.

Dengan menggunakan mesin penghancur plastik maka bisa memberikan hasil gilingan bijih plastik yang baik dan sempurna. Mesin penghancur plastik sendiri menggunakan tenaga listrik dalam proses kerjanya. Sehingga hal ini akan memudahkan anda dalam melakukan proses penggilingan sampah dibandingkan cara manual karena akan sangat menyulitkan dan membutuhkan banyak waktu dalam proses pengerjaan.

Baca juga: Contoh Usaha Modal 10 Juta Di Desa

Kisah Sukses Pengusaha Botol Plastik Dan Kaca

Kisah lainnya bisa dilihat di video-video yang ada disarankan oleh Youtube di bagian samping / bawah (jika di tampilan smartphone).

Itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan kali ini mengenai cara memulai usaha daur ulang plastik bagi para pemula. Pastinya dapat anda jadikan sebagai panduan dalam menjalankan bisnis ini. Walaupun masih belum banyak yang menekuni usaha yang satu ini, tetapi usaha ini layak untuk dilirik. Omset yang dimiliki oleh usaha daur ulang plastik ini sangat besar.

Terlebih lagi jika anda menjalin kerja sama dan menemukan rekanan yang dapat menerima hasil biji plastik hasil produksi anda dalam partai besar. Pastinya keuntungan yang didapat juga sangat besar. Disamping itu, memulai usaha daur ulang plastik adalah salah satu upaya untuk lebih peduli dan mencintai lingkungan.

Apabila tidak dimulai dari sekarang juga, mungkin anak cucu kita nanti tidak akan bisa menikmati lingkungan dari dampak plastik. Anggap saja bahwa ini merupakan gerakan peduli terhadap lingkungan sekitar. Selain dapat mengurangi jumlah sampah plastik, pastinya juga bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah untuk anda.

Selamat mencoba, Semoga informasi mengenai  usaha dari pengolahan sampah plastik yang kami sampaikan secara lengkap dan jelas di website gurupengajar ini bisa bermanfaat dan berguna untuk memberikan kemudahan bagi usaha Anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *