Analisa Usaha Daur Ulang Plastik Dan Botol Kaca

Posted on

Usaha Daur Ulang Plastik Dan Botol Kaca – Saat ini usaha daur ulang plastik menjadi salah satu usaha yang banyak diminati karena sangat menjanjikan. Dengan  modal yang tidak terlalu besar anda sudah mampu mendatangkan pundi pundi rupiah yang besar.



Memproses sampah plastik menjadi barang yang bernilai memang bukan merupakan hal yang mudah. Dibutuhkan modal dan pastinya keterampilan tinggi untuk dapat memulai usaha yang satu ini.

Analisa Usaha Daur Ulang Plastik

Baca juga: Langkah Awal Memulai Usaha Kecil Hingga Besar

Kepedulian dalam mendaur ulang plasik semakin meningkat sering dengan kecintaan masyarakat akan lingkungan sekitar. Sampah plastik sendiri sangat berhubungan dengan keseharian kita.  Masyarakat menganggap plastik sebagai wadah yang sangat prkatis dan mudah serta efisien. Akan tetapi, penggunaan wadah plastik yang berlebihan pastinya akan menimbulkan polemik dan kerusakan terhadap lingkungan.

Plastik tergolong dalam jenis sampah anorganik yaitu sampah yang sulit untuk terurai. Sebuah riset menyatakan bahwa dibutuhkan waktu  yang sangat lama dan bahkan ratusan tahun untuk dapat mendaur ulang sampah plastik.

Maksudnya adalah jika anda tidak memanfaatkan sampah plastik menjadi hal yang berguna maka hal ini akan memberikan dampak yang buruk. Kelangsungan hidup di dunia ini dan kelangsungan kehidupan anak cucu kita tentu akan sangat terancam.

Para penggiat dan pecinta lingkungan telah mengupayakan dan mengkampanyekan cara dalam mendaur ulang sampah plastik.  Ternyata hasilnya adalah plastik dapat didaur ulang kedalam bentuk biji plastik yang mempunyai nilai jual yang lumayan.



Pastinya anda tidak boleh melewatkan peluang ini. Dari sampah menjadi berkah.  Berikut di bawah ini  kami akan bagikan cara memulai usaha daur ulang plastik bagi pemula.

Cara Memulai Usaha Daur Ulang Plastik

Analisa Usaha Daur Ulang Plastik

  1. Modal

Usaha daur plastik termasuk kedalam jenis usaha mikro kecil dan menengah. Sehingga modal yang dibutuhkan tidaklah besar. Modal merupakan hal penting yang harus di persiapkan pertama kali ketika akan memulai suatu usaha.

Untuk dapat membuka usaha pengolahan daur ulang plastik tentunya membutuhkan modal yang cukup. Anda harus menyiapkan modal yang berupa modal materiil ataupun non materill. Namun jika anda memiliki kendala dari segi modal, anda bisa mengajukan pinjaman ke pihak bank atau koperasi.

  1. Lokasi Usaha

Dalam membuka usaha pengolahan daur ulang sampah dibutuhkan lokasi yang luas. Hal ini dikarenakan dalam satu lokasi kita harus mempunyai tempat untuk  mentumpan  bahan baku, peralatan dan biji plastik yang sudah siap jual.

Disamping itu, anda harus memilih lokasi yang jauh dari daerah perumahan. Sebab, bahan baku sampah plastik  dapat menimbulkan bau yang tak sedap sehingga akan menganggu orang-orang yang ada di sekitarnya. Anda pun harus memiliki izin usah dan lingkungan dari dinas terkait setempat.



  1. Bahan utama

Bahan utama dalam bentuk sampah plastik bisa anda dapatkan di lokasi TPA. Akan tetapi, untuk memudahkan kontinuitas bahkan baku, anda bisa menjalin kerja sama dengan penjual plastik bekas atau para pemulung.

Salah satu usaha yang baik adalah mampu  memberdayakan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar anda.  Dengan demikian anda akan selalu mendapatkan bahan baku dengan mudah.  Hai tentunya juga lebih menghemat cost produksi. Anda hanya tinggal menunggu para pemasok yang mendatangi pabrik anda.

  1. Karyawan

Sumber daya manusia tentunya sangat dibutuhkan dalam menunjang usaha yang satu ini. Sehingga anda harus merekrut karyawan yang mempunyai pengalaman atau setidaknya memahami seluk beluk industri pengolahan sampah plastik.  Anda tidak akan mampu untu menjalankan usaha ini sendiri.  Maka dari itu, anda harus segera melalukan perekrutan karyawan supaya usaha anda bisa lebih cepat berproduksi.

  1. Timbangan dan Penggiling Plastik

Supaya mendapatkan hasil yang lebih produktif pastinya anda harus memakai mesin dan juga alat-alat yang dapat membantu kinerja produksi pabrik anda. Mustahil rasanya  jika anda tidak membutuhkan mesin dalam menjalankan usaha ini. Beberapa alat yang anda butuhkan adalah mesin timbangan, mesin pencacah plastik, mesin pengering serta wadah dan berbagai peralatan yang lainnya.

  1. Pihak yang Membeli Biji Plastik

Hal yang paling penting dalam usaha ini adalah tentunya pihak ketiga yang akan membeli biji plastik hasil produksi pabrik anda. Keuntungan akan anda dapatkan ketika biji plastik yang telah anda hasilkan dibeli oleh para pengusaha lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *