Panduan Verval PD Dapodik Terbaru 2022

Posted on

Panduan Verval PD Dapodik  Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang panduan dari verval PD dapodik terbaru 2022.



Artikel ini juga akan memberikan uraian langkah – lagkah serta penjelasan tentang panduan penggunaan verval PD yang ada di Aplikasi Dapodik terbaru 2022 yang dapat anda lihat pada artikel kami kali ini.

Baca juga: Verval PTK PAUD-SD Untuk Pengajuan NUPTK

Dalam melakukan penginputan atau pengisian data – data peserta didik di Dapodik para operator sekolah tidak jarang menemui kejadian seperti kesalahan penulisan data dari biodata seperti NISN dan lain lain.

Untuk mengatasi kekeliruan tersebut, dinas pendidikan memberikan akses yang bisa membantu para operator sekolah yang akan memperbaiki atau melakukan edit pada data peserta didik. Nama aplikasinya adalah verval PD Dapodik.

Mengenal Verval PD

Verval PD memiliki kepanjangan Verifikasi dan Validasi Peserta Didik merupakan aplikasi yang membantu melakukan verifikasi dan validasi Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN.

NISN itu sendiri merupakan nomor unik yang diberikan kepada para peserta didik yang mana 1 NISN ini tidak dapat dimiliki oleh 2 orang atau lebih peserta didik. Dengan menggunakan aplikasi verval PD operator sekolah bisa melakukan perbaikan atau mengedit data NISN hingga sesuai dnegan data yang seharusnya.



Baca juga: Cara Verval PTK Kemdikbud Cara Baru Dan Lama

Verval PD dapat diakses dengan membuka link https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/

Pada verval PD ini terdapat perbedaan antara kemdikbud dengan kemenag, antara lain yaitu terdapat di sumber data peserta didik dan verifikasi & validasi data.

  • Sumber Data Peserta Didik

Terdapat perbedaan sumber data pada Kemdikbud dan Kemenag. Kemdikbud memperoleh data peserta didik yang ada di Verval PD dari aplikasi Dapodik. Sedangkan satuan pendidikan yang berada di bawah naungan Kemenag memperoleh data peserta didik dari aplikasi EMIS yang dikelola oleh Kemenag.

  • Verifikasi dan Validasi Data

Operator sekolah memiliki kewenangan untuk melakukan verifikasi serta vakidasi data peserta didik pada Verval PD Kemdikbud. Sedangkan pada Kemenag Verval PD dikelola oleh operator madrasah yang hanya berperan sebagai pengguna atau user.

Yang dapat melakukan proses verifikasi dan validasi hanyalah operator pada Kemenag dan Kabupaten.

Baca juga: Cara Cek Data Lengkap Siswa Dengan Mudah

Tujuan dan Fungsi dari Verval PD

Dalam pembuatannya verval PD memiliki tujuan tertentu yang telah dirancang untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Tujuan dari pembuatan sistem ini adalah untuk mengelola dta pelajar di seluruh Indonesia antar tingkat pusat dan daerah yang menjadi semakin mudah dan kuat. Verval PD adalah aplikasi yang menunjang upaya pengelolaan pendataan pendidikan di Indonesia.



Leave a Reply

Your email address will not be published.