Wasiun Artinya (Belajar Bahasa Arab)

Posted on

Wasiun Artinya (Belajar Bahasa Arab)Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang penjelasan apa yang dimaksud wasiun saat belajar bahas arab.



Saat kita mempelajari bahasa arab tentunya banyak kosa kata baru yang mungkin baru kita temui atau kita jumpai.

Baca juga: Arti Innalhamdalillah Nahmaduhu Dan Tulisan Arab

Baca juga: Tulisan Arab La Haula Wala Quwwata Illa Billahil Aliyil Adzim

Seperti halnya bahasa Indonesia, di dalam bahasa Arab juga terdapat pembagian kota kata. Ada kata benda, kata sifat, kata kerja, dan kata keterangan.

Kata وَاسِعٌ wasi’un itu sendiri memiliki arti “Luas” . Kata wasi’un ini termasuk ke dalam kata sifat.



Kata sifat adalah kata yang menjelaskan, mengubah, atau menambahkan arti dari suatu kata benda agar dapat lebih spesifik.

Kata sifat itu sendiri digunakan untuk menjelaskan atau menerangkan atau menyifati benda dengan bentuk sifat, keadaan, kondisi, watak, tabiat dari seseorang atau benda atau bisa juga binatang.

Kata وَاسِعٌ memiliki arti yang sama dengan kata وَاسِعَةٌ “waasi’atun” yang mana memiliki arti yang sama yakni “luas” juga.

Kedua kata tersebut waasi’un dan waasi’atun memiliki persaman arti, hanya saja yang membedakan adalah penggunaan dari kosa katanya.

Selain itu, waasi’un وَاسِعٌ merupakan kata bentuk kata sifat yang mengartikan “luas” yang digunakan untuk menyifati laki – laki atau mudzakar.

Sedangkan untuk waasi’atun وَاسِعَةٌ memiliki merupakan kata sifat yang artinya juga sama “luas” namun digunakan untuk menyifati perempuan aatau muannats.



Jadi untuk penyebutan laki – laki dan perempuan terdapat perbedaan dalam penulisan ya.

Baca juga: Lailahaillallah Muhammadarrasulullah Artinya Dan Tulisan Arab

Baca juga: Arti La Taghdob Walakal Jannah (Pembahasan Hadits)

Seperti halnya di dalam bahasa Inggris apabila kepemilikan laki – laki disebut dengan “His” dan kepemilikan perempuan disebut “Hers”. Bedanya kalau bahasa Inggris kata nya dipisah dengan kata bendanya. Kalau di bahasa arab mengubah akhir dari kata bendanya.

Agar lebih mudah membedakan antara mudzakar dan juga muannats, bisa diperhtaikan bentuk dari kata nya. Apabila kata tersebut diakhiri dengan ta’ marbutoh (ة) maka sudah jelas bahwa kata tersebut menjelaskan perempuan atau muannats .

Baca juga: Pengertian Murajaah Secara Bahasa Dan Metodenya

Baca juga: Apa Itu Bahasa : Pengertian Menurut Para Ahli

Lawan Kata Dari Waasi’un

Seperti kebanyakan kata sifat lainnya, kata waasi’un juga memiliki lawan kata.

Kalian pasti sudah tau bahwa lawan kata dari luas adalah sempit . Sehingga dalam bahasa Arab lawan kata dari kata waasi’un adalah dhoyyiqun yang artinya sempit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.