Cara Cek Pengumuman Calon PPG Terbaru 2022

Posted on

Setelah melaksanakan pendidikan profesi keguruan ini teman – teman akan mendapatkan sertifikat tertulis sesuai dengan keahlian pendidikan yang teman – teman pilih.

Dalam mengikuti PPG, teman – teman perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu. Setelah mendaftarkan diri pada instansi perguruan tinggi yang dipilih, akan diadakan tes. Hasil tes ini lah yang akan menentukan teman – teman dinyatakan lulus atau tidak.



Baca juga: Cara Login SIM PKB Guru

Lalu bagaimana cara mengetahui apakah teman – teman lulus dalam seleksi PPG atau tidak?

Simak penjelasan di bawah ini.

Cara Cek Pengumuman Calon PPG Terbaru 2022

Setelah melakukan tes, teman – teman harus mengecek apakah termasuk dalam daftar nama yang lulus seleksi PPG atau tidak. Berikut kami sajikan uraian dari langkah – langkah mengecek pengumuman calon PPG, antara lain:

(1) Mencari Nomor UKG

Hal pertama yang harus dilakukan adalah login di Aplikais SIM-PKB. Namun, login pada aplikasi SIM-PKB membutuhkan Nomor UKG atau nomor Uji Kompetensi Guru. Dalam mencari informasi perihal nomor UKG harus memperhatikan syarat – syarat berikut:

  • Memastikan bahwa teman – teman terdaftar aktif dalam Dapodik atau Data Pokok Pendidik Sekolah dan harus dipastikan bahwa data sudah sinkron dengan Dapodik Pusat.
  • Apabila Dapodik sekolah belum disinkronkan dengan dapodik Pusat, teman – teman harus menghubungi operator Dapodik Sekolah yang bersangkutan. Setelah Dapodik sekolah sinkron dengan data pada Dapodik Pusat, tunggu dengan estimasi 2 x 24 jam untuk medapatkan SIM-PKB
  • Cari dan aktivasi akun SIM-PKB teman – teaman melalui laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/ . Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.
  • Setelah itu silahkan teman – teman isi form yang harus dilengkapi. Form yang harus dilengkapi memuat nama, provinsi, dan kota asal. Kemudian silahkan klik tombol Cari GTK seperti gambar di bawah ini.
  • Lalu scroll ke bagian bawah laman untuk melihat pencarian, silahkan lihat nomor UKG teman – teman pada gambar di bawah ini.

Baca juga: Cek SK Tunjangan Sertifikasi Guru 2021/2022

(2) Panduan Registrasi Akun SIM-PKB

Langkah selanjutnya setelah teman – teman menemukan nomor UKG, langkah selanjutnya adalah registrasi akun SIM-PKB. Akun SIM-PKB ini digunakan untuk dapat masuk dan mengikuti Program Banpem S1.

Berikut kami sajikan uraian dari langkah – langkah untuk melakukan registrasi akun SIM-PKB:

  • Langkah pertama, silahkan teman – teman akses laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/ lalu klik Registrasi Akun GTK seperti gambar di bawah ini.
  • Lalu silahkan teman – teman lengkapi data Nomor Peserta UKG, tanggal lahir teman – teman sekalian dilanjut dengan klik konfirmasi Saya bukan robot. Apabila sudah selesai, silahkan teman – teman klik tombol REGISTER seperti gambar di bawah ini.
  • Langkah selanjutnya, silahkan konfirmasi registrasi akun dengan klik tombol Setujui & Cetak seperti gambar di bawah ini.
  • Lakukan cetak dokumen pemberitahuan Akses Layanan dengan menge-klik tombol Save atau Simpan / tombol berwarna biru sesuai dengan browser teman – teman masing – masing.

Baca juga: Formulir Peserta Didik Dapodik 2021/2022

(3) Panduan Login ke dalam SIMPKB

Langkah selanjutnya setelah teman – teman melakukan registrasi akun SIM-PKB adalah Login dalam SIM-PKB. SIM-PKB merupakan salah satu layanan yang digunakan oleh Kemendikbud untuk melakukan manajemen pengembangan keprofesian dan berkelanjutan pada Guru dan Tenaga Kependidikan dalam naungan Kemendikbud.

Leave a Reply

Your email address will not be published.